Cina: Game AAA Black Myth Wukong Senilai $ 1 Miliar, Penerbit Tencent Senilai $ 86 Miliar (League of Legends, Sea Group & VNG) & Ledakan Gelembung Real Estat - E470
"Ketika membahas potensi untuk membangun perusahaan teknologi besar, pendapat yang ada sangat beragam. Beberapa orang berpendapate bahwa hal itu terlalu menantang atau bahkan tidak mungkin, sementara yang lain menunjuk poras jika tiongkok dapat mencapainya, mengapa tidak di wilayah ini yang mencakup seperempat dari sakat besar, jelas bahwa-wirausahya diButuhkan wirausahat-wirausahya yang luarihine. Terlepas Dari Kritik Yang Ditujukan Kepada Para Pemodal Ventura, Mereka Secara Bertanggung Jawab Mengelola Investasi Dan Dana Yang Dipercayakan Kepada Mereka. Beberapa Memiliki Penilaian Yang Lebih Baik, Dan Beberapa Lebih Beruntung Daripada Yang Lain. Tersedia. " - Jiiban Li, Pendiri & CEO Momentum Works
"Ada Banyak Industri Yang Terkait Erat Dengan Real Estat, Seperti Halnya Keuangan Pemerintah daerah yang Sangat Terkait Dengannya. Hal Ini Terkait Dengan Reformasi Pajak Pada Tahun 1990-An, Yang Menggambarkan Pendapatan Apa Yang Dapat Dibandingkan Dennan Apa Yang Akan Ditangani Secara Terpusat Pengeluaran Melonjak Karena Langkah-Langkah Kesehatan, Ketidakmampuan Untuk Menjual Tanah Di Tengah Pertumbuhan Industri Yang Stagnan Menciptakan Masalah Utang Yang Signifikan. Dan Mempertahankan Layanan. " - Jiiban Li, Pendiri & CEO Momentum Works
"Setelah Beberapa Tahun Pandemi, Orang-Oang Mulai Menyadari," oke, saya tidak membutuhkan hal-hal seperti itu, Bukan? Saya Bisa Hidup Dennan Baik. "Pergeseran Perspektif Ini Telah Mengubah Sikap Secara Signifik. Hanya Untuk Membuat Orang Lain Terkesan. Memenuhi Permintaan. dapat memiliki dampak sosial yang serius. " - Jiiban Li, Pendiri & CEO Momentum Works
Jiiban Li , Pendiri & CEO Momentum Works , Dan Jeremy Au Berdiskusi:
1. Laro AAA Mitos Hitam Wukong Senilai $ 1 Miliar: Jiibanan Dan Jeremy Membahas Penafsiran Ulang 'Paglalakbay sa West' Dalam Game Laris 'Black Myth: Wukong'. Para pengembang mengatasi nag -aalinlangan na si Yang Sangat Besar, Memasukkan Narasi Budaya Yang Kompleks Ke Dalam Gameplay Dan Mengatasi Tantangan Teknis Untuk Menyeimbangkan Penceritaan Tradisional Dengan Teknologi Game Modern. Mereka Juga Mendiskusikan Kesamaan Dennan Mitologi India Dan Asia Tenggara.
2. Penerbit Tencent Senilai $ 86 Miliar (League of Legends, Sea Group & VNG): Tencent Memiliki League of Legends (Riot Games), Pubg Mobile, Arena ng Valor, Dan Juga Wechat. Mereka juga menginspirasi dan berinvestasi dalam struktur permainan, Obrolan, e-niaga & pembayaran sea group (Shopee, Garena Free Fire) Dan Vng Vietnam (Zalo, Zalopay).
3. Ledakan Gelembung Real Estat: Mereka menanalisis Penyebab Inflasi Harga Properti Dan Koreki Pasar Berikutnya Denggan Utang Evergrande & Country Garden. Krisis Kepercayaan Telah Menimbulkan Efek Riak Ke Pasar Konsumen Dan Pasar Yang Berdekatan, Memacu Keluarnya Talenta, Modal, Dan Perusahaan.
Mereka juga membahas pentingnya pemahaman budaya dalam estratehiya bisnis global, Bagaimana perusahaan multinasional memanfaatkan wawasan konsumen lokal, dan kerumitan dalam mengelola pergeseran ehonomi berskala besar di kancah teknologi asia tenggina.
Bergabunglah Bersama Kami Di Geeks sa isang beach!
ANDA TIDAK BOLEH MELEWATKAN GEEKS SA A BEACH, Konferensi Startup Utama Yang Unik Di Wilayah Ini! Bergabunglah Bersama Kami Pada Tanggal 13 Hingga 15 Nobyembre 2024, Di Jpark Island Resort Di Mactan, Cebu. Acara Ini Mempertemukan para penggemar Teknologi, mamumuhunan, Dan Wirausahawan Selama Tiga Hari untuk Mengikuti Lokakarya, Diskusi, Dan Membangun Jaringi. DAFTARKAN DIRI ANDA DI GEEKONABEACH.com Dan Gunakan Kode Bravesea Untuk Mendapatkan Diskon 45% untuk 10 Pendaftaran Pertama, Dan diskon 35% untuk Pendaftaran Berikutnya.
(01:50) Jeremy AU:
Hei, pagi.
(01:51) Jiiban Li:
Hei, pagi.
(01:52) Jeremy AU:
Ya. Wow. Di mana anda berada saat ini?
(01:54) Jiiban Li:
Di suatu tempat di cina. Jadi telah melakukan perjalanan tanpa henti selama kurang lebih empat minggu, mulai dari jakarta, lalu pergi ke kuala lumpur di Malaysia, kemudian menghabiskan satu minggu penuh di vietnam, lalu langsung terbang ke beijing, dari beijing ke xi xi. Sekarang saya berada di rumah orang tua saya untuk kunjungan singkat selama satu hari, lalu besok saya akan pergi ke hangzhou, dan dari hangzhou ke changsha, dari changsha saya akan pergi ke shanghai, dan dari sangai kembali ke singapura. Jadi Saya Tidak Tahu Bagaimana Cara Menggambarkan Perasaan Seperti Itu, Bukan? ANDA HANYA MERASA KEWALAHAN DENGAN SEMUA INDERA, SEMUA ORANG YANG ANDA KENAL YANG MEMBERI TAHU ANDA TENTANG APA YANG TERJADI DI BERBAGAI TEMPAT, DAN ANDA MENCOBA MERENUNGKAN APA YANG MEREKA KATakan, Mencoba MENARIK BEBERAPA HUBURAN, DAN ITA MEMBUAT ANO mental.
(02:26) Jeremy AU:
ANDA TAHU, HAL ITU MENGINGATKAN SANA PARA PERJALANAN KE BARAT DAN PERJALANAN KE TIMUR, BUKAN? Tapi Sekarang Kita Bisa Melakukannya Dalam Waktu 12 Jam, Bukan?
(02:33) Jiiban Li:
Ya, saya baru saja berada di xi'an, semacam ibukota kuno tiongkok untuk reuni kelas mba saya. Jadi mereka hanya memilih tempat itu dan tempat itu adalah titik awal dari jalur sutra. Dan Juga Merupakan Titik Awal Dari Perjalanan Ke Barat. Jadi Ada Banyak Peninggalan Budaya, Tapi Ada Juga Banyak Cerita Dan Orang-Orang Yang Bercerita Tentang, Secara Historis, Bagoimana Orang-Orang Terhubung Dengan Berbagai Kerajaan Di Barat Dan Sampa Ke India Dan Semua Perdagangan Dan Sebagainya. Sangat Menarik Tetapi Sangat Luar Biasa, Bukan?
Kami Mencoba untuk Mendapatkan Akses Ke Museum Terbesar Di Kota Itu. Dan Museum Tersebut Memberikan 12.000 Tiket Setiap Harapya, Dan Anda Harus Memesannya Dua Hari Sebelumnya. Kami Mencoba, Selama Empat Hari Kami Berada Di Sana, Kami Mencoba, Seperti, Setiap, Setiap Sesi, Kami Mencoba Memesan Tiket. Dan Setiap Kali, 12.000 Tiket Terjual Habis. Kami Memesan Dalam Waktu 40 Detik Setelah Dirilis Di Situs Web Meituan. Dan Kemudian Kami Pergi Ke Sebuah Museum Kecil. Jadi Orang-Orang Mengatakan Bahwa, Oke, Museum Ini Dibandingkan Dennan Museum Lainnya, Tidak Ada Apa-Apanya. Dan Kami Merencanakan Dua Jam Untuk Berada Di Dalamnya. Kami menyewa seseorang untuk membantu kami memandu dan memberikan pengarahan dan sebagainya. Kami Akhirnya Menghabiskan Waktu Seharian Di Sana.
(Jeremy AU:
Ya. Tidak, menurut saya itu menarik, Bukan? Perjalanan ke barat sebenarnya adalah sebuah kisah yang sangat terkenal di tiongkok, saya tidak ingin menyebutnya sebagai cerita ata literatur, yaitu tentang seorang buddha ya mengikuti jalur sutra Karena ia ingin membawa kembali Teks-Teks literatur tentang agama buddha ini kembali ke tiongkok, karena india adalah tempat lahirnya agama buddha. Dan ini cukup menarik karena jelas india adalah tempat kelahiran agama buddha, tapi tentu saja di dunia saat ini, tiongkok menyerapnya melalui jalur sutra tapi tentu saja india tidak benar-benar memiliki laku tradisional buddha yang besar saat ini, bukan? Jadi, Terutama Cina Yang Melakukannya, Dan Juga Sampai Batas Tertentu Seperti Cina, Korea, Jepang, Asia Tenggara. Jadi Saya Pikir Ini Adalah Bungian Budaya Yang Cukup Menarik Dan YA, Sri Lanka Juga. Jadi Ini Adalah Perjalanan Yang Sangat Menarik Di Sepanjang Rute.
(04:17) Jiiban Li:
Jadi, Mari Kita Lihat Ceritanya. Maksud saya, perjalanan ke barat itu sendiri adalah sebuah alamat karena anda memiliki semua tokoh-tokoh yang tidak ada di dunia yang normal. Dan Menurut Legenda, Saya Pikir Beberapa Dari Mereka Sebelumnya Adalah Bagian Dari Permaisuri Giok, Penguasa Tertinggi Surga Dan Para Jenderalnya, Para Panglimya, Dan Karena Beberapa HAL, Seperti, Pelangan Untuk Menjadi Babi, Menjadi Hiu, Dan Menjadi Semuanya. Dan Entah Bagaimana Mereka Membentuk Sebuah Tim Yang Dipimpin Oleh Biksu Ini Untuk Mengatasi 81 Kesulanan Untuk Mendapatkan Jalan untuk Berpindah Dari India. Cerita Ini Benar-Benar Terjadi Di Sekitar Dinasti Ming. Orang-Oang Berpikir Bahwa Secara Lisan Orang-orang Telah Menceritakan Kisah itu Sebelum Itu. Dan Beberapa Orang Menelusuri Bahwa Monyet Tersebut Datang Kepada Hanuman Dalam Semacam Mitologi India, Namun Cerita Ini Benar-Benar Berakar Di Tiongkok Dan Terutama Dalam 30 Hingga 40 Tahun Terakhir.
PADA TAHUN 1986, CCTV, Televisi Pusat tiongkok, Membuat Serial TV Tentang Hal Itu. Dan disutradarai oleh seorang sutradara terkenal dan pada saat itu anda tidak memiliki banyak efek visual. Jadi Dia Memalsukan Banyak Efek Visual, Tetapi Entah Bagaimana Beberapa Orang Melewatkan Periode Optimisme Itu, Bukan? ANDA TIDAK MEMILIKI SARANA TETAPI ANDA MEMILIKI KEGEMBIRAN SEDERHANA YANG DAPAT ANA NANTIKAN. Dan Paglalakbay sa West Adalah Serial TV Yang Diputar Setiap Musim Panas. Jadi saya pikir semua anak-anak di tiongkok yang lahir pada tahun 1980-isang dan 1990-isang akan menantikan untuk menontonnya liGi setiap musim panas di tv. Dan seperti yang saya temukan ketika saya masih di universitas, hal yang sama juga terjadi pa semua anak-anak di vietnam. Jadi Pada Dasarnya Mereka Memiliki versi yang Diadaptasi Ke Dalam Bahasa Vietnam Dan Diputar Setiap Musim Panas. Saya diingatkan tentang hal ini minggu lalu ketika saya berada di vietnam. Jadi saya naik taksi dan nada dering sopirnya adalah lagu tema dari lagu tersebut, tapi tentu saja dalam bahasa vietnam, dan itu cukup lucu.
(05:52) Jeremy AU:
Wow. Luar Biasa. Ya, itu menarik karena, ini seperti dua cerita, Bukan? Yang Pertama Adalah Kisah Nyata Tentang Seorang Biksu Buddha Yang Benar-Benar Melakukan Perjalanan Itu Dan Dia Melakukan Perjalanan, Tentu Saja Dari Chang'an Ke Kirgistan, Ke Uzbekistan, Ke Afghanistan, Ke Pakistan, Ke India, Dan Kemudian Kembali Lagi. Jadi, Ini Adalah Kisah Nyata. Secara Historis, Dan Tentu Saja Ada Yang Legendaris, Yang Jelas Ada Raja Monyet, Seperti Yang Anda Katakan, Ada Babi, Ada Hiu. Jadi sebenarnya ini seperti, saya tahu apa istilahnya, seperti dua cerita. Jadi itu menarik. Dan Kedua Cerita Itu Sebenarnya Sangat Penting.
Dan Saya Rasa Sekarang, Kami Mengobrol Sebentar Tentang Apa Yang Baru Sekarang, Itim na Myth Wukong Yang Baru, Yang Berdasarkan Versi Fantasanya. Laro AAA. Ini Sangat Populer. Terjual Habis. Nomor satu di singaw. Saya Pikir Ini Mungkin APA, APAKAH INI GAME PERTAMA YANG DIBUAT OLEH CHINA DAN BERHASIL MENJADI AAA?
(Jiiban LI:
Saya tidak yakin apakah ini yang pertama, tapi yang pasti ini adalah yang pertama dalam jangga panjang. Orang Yang Membuat Game Ini Sudah Dikenal Di Sektor Ini Selama Lebih Dari 10 Tahun. Dan Saya Rasa Pada Tahun 2016 Atau 2017, Dia Menulis Sebuah Artikel Panjang Yang Mengatakan Nyata.
Dan Game Black Myth Wukong Ini Menurut Saya Membutuhkan Waktu Enam Tahun Untuk Diproduki. Dan Saya tidak yakin apakah anda sudah memainkannya. Saya Belum, Jadi Saya Memilikinya, Tapi Saya Belum Sempat Memainkannya. Biasanya tidak bermain game, tetapi saya hanya ingin melihat karena game ini benar-benar menggemparkan seluruh sektor dan minggu lalu ketika seas berada di vietnam, maksud saya ada beberapa pengunjung dari tiongkok dari industri perdag lang Keuanangan Salah satu perusahaan mengatakan bahwa, hei, jika saya tidak pergi ke vietnam untuk urusan bisnis akhir pekan ini, saya pasti sudah memainkan game ini di rumah saya di hangzhou, jadi ata benar-benar menggembarkan semuanya. Dan Kali Ini, Ketika Saya Berada Di Xi'an, Teman-Teman Saya Menyarankan Agar Kami Mengunjungi Sebuah Kuil Kecil, Yang Jaraknya Sekitar Satu Setengah Jam Perjalanan Dari Xi'an, Di Sebuaha Pulau Di Tengah-Tengah Sungai, Yang Dengan Sendirinya Lucu. Dan Cara Dia Meyakankan Semua Orang Untuk Pergi Adalah, Oke, Beberapa Adegan Dari Wukong Diambil Dari Kuil Itu.
Lalu Kami Berkata, OH, Tentu Saja, Kami Harus Pergi. Dan Kuil Itu Dari Luar, Terlihat Seperti Kuil Biasa. Seperti Kecil, Mungil, Tapi Ketika anda Pergi Ke Dalam, Saya Pikir Yang Ketiga Seperti, Saya Tidak Tahu Bagaimana Menggambarkannya. UNTUK KUIL, ANDA MEMILIKI JENIS BANGUNAN YANG BERBEDA, BANGUNAN KETIGA DAN ANDA MEMILIKI SEMACAM BANGUNAN YANG SANGAT BESAR DENGAN UKIRAN KHAS DINASTI MING, ANDA TAHU, ANDA TAHU UKIRANNYA. Dan Semua Relief Dasar Dan Figur-Figur Yang Hidup Yang Diambil Dan Direproduksi Dalam Sebuah Game. Dan Tampaknya, Para Produsen Game Tersebut, Mereka Pergi Ke Berbagai Daerah Di Tiongkok, Pergi Ke Kuil-Kuil Kuno Dan Sebagainya, Dan Menemukan Semua Peninggalan Dan Semua Interpretasi Mitologi Buddha Dan Sebagainya.
Dan Saya Tidak Tahu Bagaimana Cara Menggambarkannya. Kami Membicarakannya Dan Berkata, Oke, Tentu Saja, Kami Harus Pergi. Namun Ketika anda Berada di Sana, Anda Akan Kewalahan. Itu Hanya Sebuah Ruangan Yang Sangat Kecil, Tetapi Ribuan Patung Di Dinding Dan Diukir Dengan Rumit, Seperti Enam, Tujuh Ratus Tahun Yang Lalu, Dan Ada Beberapa Kuil Lain Yang Sedikit LeBih Jauh. Lebih jauh berarti seperti beberapa ribu kilometrong jauhnya, jadi Kami tidak berkesempatan untuk pergi ke Sana, tapi salah satu teman saya benar-benar pergi ke beeberapa kuil tersebut, bahatsan kuil ya lebih tua, beberapa ke-8, abad ke-9, dan saya selalu berpikir bahwa peninggalan budaya dan semua keahlian di Bagian utara tiongkok ini sangat sederhana dibandingekan dengan apa yang biasa ata lihat di kuil-kuil hokian ata Bahan Dan Kerajinan Yang Berbeda. Dan Orang-Oang, para Pekerja Yang Mengawasi Jalur Darat, Maksud Saya Berbicara Tentang Perjalanan Ke Barat Adalah, Perjalanan Yang Mudah Dilakukan Beberapa Ribu Kilometer Tanpa Manusia Dan Anna Harus Melewati. Tapi tetap saja, itu sangat luar biasa.
(09:06) Jeremy AU:
Ya, saya pikir satu Bagian yang menarik adalah saya menemukan banyak dari kuil-kuil ini yang begitu penuh dan begitu padat, saya pikir dengan semua peninggalan yang mereka kumpulkan yang sangat berbeda tentu saja dengan museum-museum di barat, yang cenderung leebih saya tidak tahu apa yang dikuratori yang mereka miliki, banyak yang ada di belakang, Bukan? Di Tempat Penyimpanan. Dan Kemudian Mereka Merotasi Barang-Barang Dan Mereka Memiliki Banyak Penjelasan. Jadi, Sedikit Bagian Narasi Dibandingkan Dennan Kuil-Kuil Cina Yang Lebih Banyak, Seperti Apa Yang Anda Lihat Adalah Semua Yang Kita Punya, Bukan? Jadi Sangat Padat.
(09:32) Jiiban Li:
Museum Yang Kami Kunjungi Adalah, Karena Saya Berada Di Kota Itu, Saya Baru Saja Belajar Tentang Museum. Tentu Saja Yang Kami Kunjungi Dan Bahkan Yang Kecil Seperti, Bangku Batu Di Luar, Yang Ditinggalkan, Seperti, Secara Acak Di Halaman Itu, Seperti, Berusia 2.000 Tahun. Itu sungguh gila. Dan Banyak Museum Yang Sebenarnya Doolun Di Atas Penemuan, Pada Dasarnya, Menemuku Banyak Sekali Peninggalan Budaya Dan Digali Dari Tanah Untuk Melindungi, Untuk Menyimpannya, Museo Kecantikan. Mereka Kemudian Memperluas Museum Tersebut. Mereka Mulai Menyimpan Benda-Benda Yang Ditemukan Di Desa-Desa Terdekat Dan Sebagainya, Dan Tak Lama Kemudian, Boom, Ada Sebuah Museum Yang Layak Untuk Dikunjungi Selama Satu Atau Beberapa Hari.
(10:04) Jeremy AU:
Ya. Jadi Anda Mengatakan Bahwa Produser Black Myth: Wukong Mengatakan Bahwa Industri Game Di tiongkok Sangat Kurang Diperhatikan. Bisakah anda berbagi lebih banyak tentang mengapa industri ini sangat picik?
(10:13) Jiiban Li:
Saya membaca artikelnya sekitar seminggu yang lalu. Tentu Saja, Saya Tidak Berkecimpung Di Industri Game, Jadi Ketika ia pertama Kali Menulisnya, Seckitar Sepuluh tahun Yang Lalu, Saya Belum Membacanya, Tapi Pada Intinya Ia Mengakan Jadi Dalam 15 Tahun Terakhir, Ada Ledakan Akses Konsumen Ke Internet Mobile, Akses Ke Game Mobile, Dan Anda Tidak Perlu Membuat Sesuatu Yang Super Canggih, Tapi Anna Hanya Perlu Membuat Game Kasual Yang Sederhana Dan Membuat Ketagihan. Dan Membuat Orang Melakukan Top Up Dan Sebagainya. Jadi Sangat mudah untuk Menghasilkan uang saat itu. Dan untuk membuat game aaa, butuh waktu bertahun-tahun, Bukan? Terutama Dengan Wukong. Maksud Saya, Anda Benar-Benar Mengirim Tim Ke Semua Tempat Untuk Meniru Semua Ukiran Dan Sebagainya. Dan Anda Harus Memahami Sejarahnya Dengan Sangat Baik, Dan Sebagainya, Dan Sebagainya. Jadi Keseluruhan Produksi Memakan Waktu Lebih Lama Dan Secara Historis, Ini Adalah Kepeptusan Yang Sangat Sulit, Karena, Maksud Saya Secara Historis Adalah Selama 15 Tahun Terakhir, Adalah Keputusan Yang Sangat Sulit Bagi Anda untuk Mengatakan Kepada Investor ata Bahas Sabi Menghabiskan Semua Uang Ini, Dan Saya Mungkin Tidak Akan Bisa Melihat Hasilnya Dalag Waktu Enam, Tujuh tahun Dan Apa Yang Dilakukan oleh Rekan-Reekan Saya Yang Hanya Membuat Bug Besar Dengan Hanya, Seperti Membuat Video Pendek Alau Menjual Game Kasa. Jadi, Ini Adalah Penjualan Yang Sulit Untuk Investor Dan Juga Penjualan Yang Sulit Untuk Tim Karena Hal Yang Sama Di Sini. Dan Kemudian Orang-Orang Melihat Rekan-Rekan Mereka Menghasilkan Banyak Uang Dan Mereka Akan Berkata, "Hei, Saya Di Sini Membuat Karya" Dan Itu Bukanlah Cepat, Di mana banyak uang dihasilkan, Sangat Sulit Bagi Orang Untuk Bersabar.
(11:27) Jeremy AU:
Ya, saya pikir itu masuk akal. Industri Game Di tiongkok Sangat Besar, Jadi Beberapa Statistik Yang Pernah Saya Baca Sebelumnya Adalah Ada Sekitar 700 Juta Pemain, Yang Mana Itu Cukup Banyak, Tapi Setengah Dari Seluruh Orang Tiongkok Bermain Game Dan Pada Miliar Dolar AS, Dengan Tingkat Pertumbuhan Sekitar 8%. Dan Tentu Saja Ada Banyak Game Yang Terkenal, Bukan? PUBG, Adalah Salah Satu Yang Besar. Karangalan ng mga hari, tentu saja tencent dan netease. Mereka Juga Merupakan Perusahaan-perusahaan Miliarder Unicorn Yang Cukup Fokus Membangun Game-Game Freemium, Game Kasual, Dan, YA, Ini Adalah Industri Yang Sangat Besar.
Faktanya, saya akan mengatakan bahwa ini mungkin seperti game aaa pertama yang pernah saya lihat. Saya Adalah Seorang Gamer Kasual. Saya Adalah Seorang Gamer Besar Di Masa Lalu, Dan Sekarang Saya Hanya Menonton Video Game Dan Mengikuti Industri Game. Dan Saya Rasa Ini Adalah Pertama Kalinya Saya Melihat Game Seperti Black Myth: Wukong Menjadi Terkenal Di Luar Tiongkok. ANDA BISA MELIHAT ORANG-OANG DI AMERIKA ATAU KANADA JUGA MEMAINKAN GAME INI. Jadi Ini Adalah Daya Tarik Global Yang Cukup Menarik.
(12:27) Jiiban Li:
Saya rasa Kuitas Produksi Adalah Sesuatu Yang Penting, Bukan? Butuh waktu bertahun-tahun untuk membuat karya ini. Dan Yang Kedua, Saya Pikir Ada Banyak Hal Yang Bisa Dimanfaatkan. JADI, INI BUKAN BERARTI ANDA MEMBANGUN SESUATU YANG BENAR-BENAR BARU. ANDA MEMILIKI SEBUAH CERITA YANG SUDAH DIKENAL OLEH ORANG-OANG TUA, MUNGKIN SEBAGIAN BESAR ORANG DALAM BUDAYA ASIA TIMUR. Dan Juga, Orang-Orang Menemukan Resonansi Terhadap Perjalanan Ke Barat Atau Baigian Mitologi Dari Perjalanan Ke Barat Telah Digunakan Dalam Banyak Hal. Jack Ma, Pendiri Alibaba, Pernah Mengatakan Bahwa Biksu Itu Seperti Salah Satu Pemimpin Terbaik Dalam Sejarah. Dia Sangat Bertekad Dan Dia Tidak Memiliki Kekuatan Yang Sangat Besar, Namun Dia Tidak Pernah Menyerah. Tidak Peduli Seberapa Sulitnya Keadaan, Dia Tidak Pernah Menyerah. Dia Memotivasi Timnya Dan Sebagainya. Dan Monyetnya Memiliki Beberapa Kekuatan Super, Tapi, Itu Lucu, Bukan? Jika Anda Membaca Ceritanya, Yang Saya Baca Beberapa Kali, Bahwa Untuk Banyak Monster Besar Atau Jenis Musuh Besar Yang Anda Temui Di Sepanjang Jalan, Dia Tidak Bisa Benar-Benar Mengalahkan Mereka Murni Dengan Kekuatan. Dan apa Yang Pada Dasarnya Dia Lakukan Adalah Dia Menemukan, OH, Monster Ini Dulunya Adalah Tunggangan Imouto Di Istana Surgawi. Dan Jelas, Karena Alasan APA Pun Tanghangan Itu, Entah itu Seperti Kura-Kura, Entah Itu Apa Pun, Mereka Datang Ke Alam Duniawi Dan Menjadi Monster. Jadi Pada Dasarnya Yang Dia Lakukan Adalah Dia Pergi Ke Kahyanan Dia Dia Mencari Bosnya. Dia Berkata, Bung, Ibumu Telah Melakukan Hal-Hal Buruk Ini. Mari Kita Buat Kesepakatan. Jadi Pada Dasarnya Seperti Itu. Dan Orang-Oang Melihat Hal Itu Dan Mengatakan Bahwa, Oke, Anda Memiliki Kekuatan Super, Tapi Terkadang Hubungan Lebih Penting Daripada Kekuatan Super.
(13:45) Jeremy AU:
Bukankah itu moral dari semua bisnis di tiongkok?
(13:48) Jiiban Li:
Dan Mereka Memiliki Babi, Bukan? BABI itu tentu saja memiliki beberapa kekuatan super, tetapi dibandingkan dengan apa yang dimiliki monyet, sangat terbatas, yang berarti bahwa Memiliki Satu, Yang Saya Tidak Akan Menyebutnya Kekuatan Super, Tetapi Memiliki Satu Keterampilan Yaitu Dia Membuat Seluruh Tim Menyenangkan. Dia membuat seluruh perjalanan menjadi lebih Rewan. Dan Ada Juga Hiu Ini, Bukan? Hiu Ini Hampir Tidak Pernah Berbicara. Jadi Joe Mengatakan Bahwa Dalam Seluruh Serial TV Yang Diproduki Pada Tahun 1986, Hanya Ada Dua Kalimat Dari Si Hiu, Yang Diulang-Ulang di Sepanjang Serial. Pertama Adalah, "Oh, Tuan Kami Telah Ditangkap Oleh Monster." Yang Kedua Adalah, "Oh, Kakak Kami Telah Ditangkap Oleh Monster. Apa Yang Harus Kita Lakukan?" Jadi dia tidak memiliki kekuatan, tetapi orang itu sangat setia dan dia tidak pernah mengeluh. Dia Selalu Memikul Beban Yang Paling Berat Dan Sebagainya, Dan Sebagainya.
Jadi Kemudian Mereka, Ada Sosok Lain, Yaitu Kuda. Kuda itu Adalah anak Dari Raja Naga. Saya rasa di laut timur atau laut utara, saya tidak ingat, tapi pada dasarnya itu adalah seekor Naga. Jadi Pada Saat Normal, Dia Hanya Berubah Menjadi Kuda, Tetapi Dalam Situasi Yang Sangat Sulit, Dia Akan Kembali Ke Bentuk Aslinya Sebagai Naga Dan Membantu Banyak Hal. Jadi, Saya tidak yakin apakah penulisnya telah memikirkan semua ini dan mungkin hanya semacam Kombinasi dari apa yang ata ketahui dari mitologi dan pengalaman hidup anda, tetapi orang-orang sekarang mencoba untuk malafsirkan kembali hal Saya Pikir Terutama Dalam Dua Tahun Terakhir Ini Ketika Ekonomi Sedang Mengalami Kesulanan. Jadi Orang-Orang Mencoba Mencari Lebih Banyak Inspirasi Dengan Mengatakan Bahwa Ini Sesuai Dengan Apa Yang Kita Alami Sekarang, Dan Inilah Yang Harus Kita Lalui.
(15:09) Jeremy AU:
Ya, Jadi Saya Rasa Kita Sudah Sering Mendengar Tentang Ekonomi Tiongkok Yang Sedikit Mengalami Kesulanan. Saya Pikir Salah Satu Bungian Yang Menarik Adalah Bahwa Hal Ini Datang Dari Sudut Pandang Yang Berbeda, Bukan? Jadi Saya Pikir Barat Menyebutnya Kelebihan Kapasitas. Jika anda Melihatnya Dari Asia Tenggara, Melihatnya Dari Sisi Seperti Perusahaan-Perusahaan Cina Yang Dipaksa Atau Harus Atau Ingin Datang Ke Asia Tenggara. Saya rasa jelas kami memikirkannya dari segi harga properti juga di cina. Jadi Banyak Sudut Pandang Yang Berbeda. Bagaimana Perasaan Dan Pemikiran anda Tentang Hal Ini?
(15:32) Jiiban Li:
Saya tidak yakin apakah anda pernah mendengar tentang jaringi restoran din tai fung, bukan? Jaringan Restoran Taiwan Yang Terkenal Dennan Bakpao Kuahnya. Restoran Ini Sangat Populer Di Singapura. Ini populer di Banyak Tempat. Dan Saya Rasa Dua Minggu Yang Lalu, Mereka Mengumumkan Bahwa Mereka Akan Menutup Semua Toko Di Beijing, 14 ToKo. Semua Toko Di Beijing Akan Ditutup, Dan Tentu Saja, Berita Tersebut Membuat Banyak Orang Mulai Memperdebatkan Apa Yang Sebenarnya Terjadi, Bukan? Ini Seperti Restoran Yang Sedikit Lebih Premium, Di mana saya pikir Rata-Rata Pengeluaran Per Orang Di Atas 100 Yuan.
Dan Beberapa Orang Mengatakan Bahwa Itu Karena Perusahaan-Perusahaan Asing Tidak Kembali Dan Akibatnya, Ada Lebih Sedikit bisnis Makan Malam Dan Sebagainya. Dan Beberapa Orang Mengatakan Bahwa Itu Karena Daya Konsumsi Telah Lesu. Saya telah berbicara dennan banyak teman saat saya di sini. ORANG-ORANG MASIH MEMILIKI UANG. Saya Merasa Masih Banyak Uang Tunai Yang Tersimpan, Tetapi Ada Beberapa Alasan. Pertama, Beberapa Tahun Pandemi Menyebabkan Banyak Orang Berpikir Ulang Tentang Pilihan Gaya Hidup Mereka, Bukan? Sebelum Pandemi, Semuanya Berjalan Dennan Baik. Semua Orang Memiliki Ekspektasi Yang Baik Terhadap Masa Depan Dan Semua Orang Juga Begitu, Saya Berbicara Dengan Teman Saya Yang Menjalankan Perdagangan Elektronik Untuk Beberapa Merek Mewah Di Tiongkok. Dan saya pikir salah satu Konsensusnya Adalah Bahwa banyak anak mamo yang membelanjakan uangnya, bukan untuk hal-hal yang tidak penting, Bukan di luar kemampuan mereka, tetapi mereka membelanjakan uangnya Penghasilan Mereka Yang Sebenarnya Karena Mereka Berharap Penghasilan Mereka Akan Menjadi Lebih Baik. Dan Jelas, Satu Hal Yang Jelas, Pertumbuhannya Sudah Mencapai titik Jenuh. ANDA TIDAK BISA TUMBUH SECEPAT itu Selamanya.
Tapi Yang Kedua Juga, Setelah Beberapa Tahun Pandemi, Orang-Oang Menyadari Bahwa, Oke, Saya Tidak Membutuhkan Hal-Hal Seperti Itu, Bukan? Saya Bisa Hidup Dennan Baik. Dan Pola Pikirnya Telah Berubah, Bukan? Saya Peduli Dennan Tubuh Saya. Saya Peduli Dennan Kesehatan Saya. Saya tidak terlalu peduli dennan kemewahan, membeli semua tas bagus untuk dipamerkan kepada teman-teman seas. Dan itu hanya sebuah transformasi yang menyeluruh di sini. Dan Kita Berbicara Tentang Kelebihan Kapasitas Industri, Karena Begitulah Cara Kerja Ekonomi. Jika Ada Permintaan, Seseorang Akan, Dalam Semacam Ekonomi Pasar, Beberapa Orang Akan Mengatur Produksi, Tetapi Tentu Saja, Seperti Mengatur Produki Dan Semacamnya Membutuhkan Waktu. Jadi, Hal Itu tidak Pernah Sesuai Dengan Permintaan Yang Sebenarnya, Yang Berfluktuasi Dalam Siklus. Masalahnya di Cina Adalah Bahwa Mereka Belum Melihat Siklus Seperti Itu Yang Biasanya anda Lihat Di Barat, Dan Karena Penurunan Yang Serius Akan Sangat Serius Dan Akan Dianggap Menyebabkan Beberapa Masalah Sosial. Jadi saya pikir pemerintah telah berusaha keras untuk mencegah koreksi serius yang mungkin tidak baik karena ata memiliki semua risiko ini yang tidak sepenuhnya dilepaskan selama korekssi. ANDA TIDAK AKAN MENGALAMI KOREKSI. Jadi, Anda Memiliki Semua Risiko Yang Telah Menumpuk.
(17:44) Jeremy AU:
Saya Pikir Pada Akhirnya, Setiap Kali Ada Kapitalisme, Selalu Ada Siklus Booming Dan Bust, Bukan? Begitulah sifat Alamiahnya. Kegembiraan kumpara sa Semacam Kemerosotan. Jadi saya pikir selalu ada sedikit dinamika kebijakan yang selalu perlu terjadi, yaitu pa masa-masa yang baik, Bagaimana anda memperlambatnya? PADA MASA-MASA BURUK, Bagaimana andA Berinvestasi untuk membuatnya lebih baik? Tentu Saja, Saya Pikir Di Amerika, Dan Ada Banyak Pengeluaran Stimulus, Tentu Saja Melalui Pengeluaran Defisit Karena Manfaatnya Sebagai Mata Uang Cadangan. Jadi Saya Pikir Ada Banyak Keuntungan yang Mereka Miliki. Dan Kemudian Selama Pandemi, Kita Melihat Bahwa Semua Orang Menerima Cek Stimulus Yang Diberikan Oleh Donald Trump Dengan Mengatakan, Hei, Ini Uang Saya Untuk Anda, Silakan Belanjakan. Dan tentu saja hal itu diikuti oleh biden yang juga melakukan ira raksasa, yaitu inflation reduction act, yang merupakan stimulus triliunan dolar dalam jangga waktu yang panjang dan tentu saja berkontribusi plaflasi. Jadi itu Adalah Bungian Yang Menarik, Tetapi Saya Pikir Ada Banyak Pengeluaran Stimulus Di Sana. Sekarang, Bagaimana China Berpikir Untuk Melewati Periode Waktu Ini Dengan Deflasi Gelembung Properti?
(18:38) Jiiban Li:
Masalah Denggan Properti Adalah Bahwa Banyak Orang Membeli Properti, Semacam Properti Menjadi, Bana Banyak Orang Awam, Satu-Satunya Jenis Investasi Yang Dapat Diandalkan Selama 20 Tahun Terakhir Karena Itu, Siapa Pun Yang Tidak Berinvestasi Di Properti atau awal 2010-isang akan menyesal di akhir tahun 2010-an, dan juga menurut saya pasar saham di cina tidak berkinerja baik dan seperti secara historalis, sehingga banyak orang kehilangan uang di pasar saham dan tidak ada instrumen keuangan Yang Canggih. Dan juga saya pikir edukasi domestik belum dilakukan dengan baik di cina sehingga banyak penasihat, yang mungkin ata ketahui, sangat bersemangat untuk menjual produk daripada mengedukasi mamumuhunan tentang risiko, Bukan?
Jadi Properti Seperti Sesuatu Yang DiLihat Orang, Maksud Saya Lebih Dari 20 Tahun Sebagai Taruhan Singkat, Maksud Saya Ana Berinvestasi Di Dalamnya. Nilainya Tidak Akan Pernah Turun. Jadi Ketika Ada Tanda Kelebihan Kapasitas Properti, Ketika Harga Mulai Datar Atau Sedikit Menurun, Dan Itu Menyebabkan Kepanikan, Bukan? Dan Orang-Oang Mencoba Untuk Menjual Dan Terutama Banyak Orang Menggunakan Leverage Untuk Membeli Properti Investasi. Itu Adalah Masalah Besar. Ada Rumor Bahwa Beberapa Kebijakan Baru Akan Keluar Minggu Ini. Jadi saya tidak yakin apa ya ada di benak para pembuat kebijakan, apakah mereka mencoba menghindari untuk menguji, oke, apakah ura yang berhasil. Dan Tentu Saja, Ada Juga Orang-Oang Yang Berpendapat Bahwa Jika andA Tidak Memberikan Obat Kejut Yang Besar, Maka Segala Sesuatunya Tidak Akan Bera Jadi Ada Banyak Perdebatan Dalam Masasarakat. Saya tidak mengetahui pemikiran para pembuat kebijakan di pasar ini, namun saya rasa harga properti adalah hal utama yang mencegah kaum muda untuk membelanjakan lebih banyak uang untuk konsumsi.
(20:05) Jeremy AU:
Ini Adalah masalah yang menarik tentunya, karena saya pikir ini adalah pertama Kalinya saya berpikir bahwa china benar-benar mengalami krisis deflasi harga properti, menurut saya. Saya ingat ketika saya berada di langa, ada banyak kota hantu yang sedang dibangun, dan orang-orang sudah mengkritik pada saat itu bahwa semua pengembang ini membangun semua properti seperti ini dan orang-orang hanya membeli investasi ini. Jadi saya rasa kita sudah tahu bahwa hal ini akan terjadi dalam waktu yang lama, setidaknya dalam hal Meletus Dengan Sangat Keras.
Jadi Saya Pikir, Saya Tidak Tahu, Mungkin Pelajaran Utamanya Adalah Ketika Masa-Masa Sulit, Anda Harus Melakukan Terapi Kejut Untuk Membuat Orang Berbelanja Lagi, Dan Sebagainya. Namun, Saya Juga Berpikir Bahwa Anda Harus Meletuskan Gelembung-Gelembung Itu Lebih Awal, Mengempiskannya Sedini Mungkin. Jika Tidak, Anda Akan Melihat Orang-orang Muda Tidak Mampu Membeli Rumah Baru Karena Mereka Membeli Untuk Investasi. Namun, Tentu Saja, Semua Orang Akan Mengalami Kerugian Karena Mereka Membeli Untuk Investasi. Saya Tidak Tahu. Ini Bukan Posisi Yang Baik untuk Berada Di Dalamnya.
(Jiiban LI:
Ini Jelas Merupakan Situasi Yang Sangat Rumit. Dan Jika anda Berpikir Tentang Hal Itu, Keseluruhan Ekonomi Tidak Hanya, Maksud Saya, Properti Itu Sendiri Adalah Bungian Besar Dari Ekonomi, Tapi Di Sechitar Properti, Ada Banyak, Seperti, Sektor Yang Berbeda Seperti Semua Ini, Seperti, Merek Perabot Rumah Tangga Dan Produk Dan Semua Perbaikan Rumah Ini, Dan Lain-Lain, Dan Lain-Lain.
Ini Sebenarnya Adalah Bungian Yang Sangat Besar Dari Perekonomian. Dan Tentu Saja, Pengembang Properti Seperti Ini Akan Memiliki Pemasok, Pemasok Mereka Akan Memiliki Pemasok Sendiri. Jadi sekarang sea pikir ini adalah efek yang sangat besar yang akan terjadi dan tentu saja ini adalah masalah yang sangat sulit untuk dipecahkan. Sangat Rumit.
(21:27) Jeremy AU:
Saya rasa Ada Beberapa Kebangkrutan Yang Terkenal, Bukan? Jadi Ada Evergrande, Yang Seperti Orang-Oang Ini, Pengembang Yang Juga Mengalami Kebangkrutan. Mereka meminjam uang. Mereka juga mengambil deposito pelanggan untuk membangun gedung baru, tapi tentu saja, dennan naiknya suku bunga secara global, ditambah kebijakan cina tentang berapa banyak leverage yang bise mereka ambil, pada dasarnya mereka kehehisa modal kerja, bukan? Dan Mereka Belum Bisa Menyelesaikan Gedung-Gingung Mereka. Semua depositto itu baru setengah dibangun. Jadi mereka Masih tertahan di gedung-gingung itu. Banyak Orang Yang Mengeluh Dan Memprotes, Tapi Bukan Hanya Mereka, Bukan? Ada Banyak Orang Lain Yang Juga Bernasib Sama.
(21:58) Jiiban Li:
Seperti yang saya sebutkan tadi, ada banyak industri lain yang terkait erat dengan properti dan juga keuangan pemerintah daerah juga terkait erat dennan properti. Saya pikir ini ada hubungannya denggan repormasi pajak di tahun 1990-an, yang membagi-bagi apa saja yang bisumpulkan dan disimpan di tingkat lokal dan apa saja yang dikumpulkan dan disimpan di tingkat pusat. Jadi saya pikir itu adalah alasan utama mengapa banyak pemerintah daerah terpaksa menjual tanah untuk membantu membiayai pembangunan kota dan sebagainya. Hal ini Telah Berlangsung Selama Lebih Dari 20 Tahun Dan Jelas, Pemerintah Daerah Menghabiskan Banyak Uang Selama Pandemi Untuk Semua Tindakan Pandemi Ini. Dan Jika Mereka Tidak Dapat Menjual Tanah Jika Pertumbuhan Industri Datar, Maka Akan Ada Masalah Utang, Bukan? Maksud Saya, Mereka Harus Mencari Uang Di Suatu Tempat Untuk Membayar Semua Biaya Ini Dan Semua Layanan Ini, Semua Tanggal Ini.
(22:43) Jeremy AU:
Ya, Bukan Jawaban Yang Mudah Karena, Ini Adalah Bangunan Yang Doolun Dennan Biaya Miliiaran Dan Miliiaran Dolar, Tapi Jika anda Membiarkannya Dan Tidak Membiarkannya, Maka Jelas Konsumen Akan Protes Dan Kita Harus Mengeluarkan Uang Menyelesaikan, Bukan? Ya.
(22:57) Jiiban Li:
Ya, Maksud saya spekulasi saya adalah mungkin mereka akan menemukan cara untuk mengorbankan bank, Bukan? Terutama Bank-Bank Yang Sudah Diatur Sendiri, Tapi Jelas Kapan, Jadi Menurunkan Suku Bunga Dan Sebagainya, Dan Sebagainya. Jadi Membuat Bank-Bank Menghasilkan Lebih Sedikit uang, Tetapi Membiayai Semacam Menurunkan Beban Utang Di Seluruh Masasyarakat. Jadi Orang Memiliki Lebih Banyak Uang Untuk Investasi Dan Belanja.
(23:14) Jeremy AU:
Ya, saya pikir suku bunga yang lebih rendah mungkin merupakan cara untuk melakukannya. Dan Pada Dasarnya anda Pada Akhirnya menasionalisasi beBerapa Kendaraan Utang Yang Dibutuhkan, Bukan? Mungkin Melalui Jaminan Negara Sehingga anda Dapat Menyelesaikan Pembangunan Aset. Namun, Saya rasa Ini Adalah pertama Kalinya Pemerintah tiongkok Melakukan Hal Seperti Ini.
(Jiiban LI:
Ya. Ya. Dan Juga Sulit Bagi Kita Yang Tidak Berada Di Posisi Tersebut Untuk Mengomentarinya. Anda Mungkin Tahu Sebagai Investor, Bukan? Jadi Kami Menempatkan Diri Ada Dalam Corong Acara, Yang Sekarang Anda Membangun Sesuatu Dan Anda Membangun Sesuatu Sebelum Anda Menjadi Investor, Tetapi Anda Melihat Bahwa Kami Jelas. Saya Melihat Bahwa Anda Harus Menyelesaikannya, Dibandingkan Jika anda Berada Di Kursi Kemudi, Saya Melihat Masalah Ini, Dan Banyak Hal Lain Yang Harus Diseimbangkan.
(23:50) Jeremy AU:
Belum Lagi Orang-Oang Mengeluh Bahwa Orang-Oang Ini Terlalu Besar Untuk Gagal, Bahaya Moral. ORANG-OANG INI MENDAPATKAN DANA TALANGAN, BLA, BLA, BLA. Mereka Harus Menanggung Konsekuensinya. Ya.
(Jiiban LI:
Dan Semua Suara-Suara Yang Berbeda Yang Tidak Bisa Anda Abaikan Begitu Saja.
(24:02) Jeremy Au :
Ya, itu tidak mudah, Bukan? Karena Begitu Banyak Pengembang Seperti Yang Anda Katakan Sedang Dalam Masalah, Tapi Juga Perusahaan Konstruki Di Luar Evergrande, Seperti Shamal Group Dan Country Garden. Jadi, Menurut Anda Bagaimana Tanggapan Perusahaan-Perusahaan Tiongkok Sekarang? Sebagian Dari Mereka Bersaing Di Dalam Negeri. Sebagian dari mereka juga berekspansi ke luar negeri untuk mencari pertumbuhan baru. Saya Tahu Pinduoduo Telah Melakukan Banyak Ekspansi Dengan Menggunakan Temu, Misalnya.
(24:23) Jiiban Li:
Ada Banyak Keawinan untuk pergi ke luar negeri dan berekspansi. Saya sedang berada di jakarta, dan baru saja melihat permintaan seperti bisnis baru dari tiongkok, yang sedang kami coba arahkan ke sana. Sangat membingungkan. Dan di Vietnam, Anda tahu, ada sebuah artikel yang bisa saya kirimkan kepada Anda, yang ditulis oleh beberapa media Vietnam, yang mengatakan bahwa ada banyak sekali gudang penyimpanan di sepanjang perbatasan Cina-Vietnam, dan ada banyak sekali orang Vietnam Yang Menjadi Tuan Rumah Di Sana, Secara Fisik Berada Di Cina, Seperti Melakukan Pengecekan Langsung Terhadap Barang. Ini Adalah Orang-Oang Vietnam Dan Untuk Pemirsa Vietnam Dan Sebagainya. Jadi Ada Banyak Upaya untuk Benar-Benar Keluar. Menurut saya, pelatihan relatif lebih mudah karena anda hanya memproduksi barang dan menjualnya, namun tentu saja tergantung Bagaimana anda menjualnya, hal ini akan berdampak pada sektor-sektor yang berbeda di pasar ya dituju, buyak? Sekarang Ada Banyak Keributan Tentang Semua Ini, Seperti Penjualan B2C Langsung Dari Cina Yang Merugikan Bisnis Lokal Di Berbagai Negara. Indonesia sudah lama menentang perdagangan elektronik lintas negara. Brasil dan afrika selatan baru saja menaikkan pajak mereka. Dan Membuatnya Sangat Sulit Bagi Orang Untuk Menyatakan Nilai Yang Lebih Rendah Dari Nilai Yang Lebih Rendah Untuk Barang-Barang Mereka. Dan Kemudian anda Memiliki Semua Perdebatan Ini Di bilang Tentang Pencabutan Aturan de Minimis, Bukan? Jadi, Semua Barang di Bawah $ 100 Bisa Dikirim Ke bilang Tanpa Pajak Langsung Ke Konsumen. Jadi Ada Semua Reaksi Ini. Dan, Tentu Saja, Hal Itu Membuat Perusahaan Berpikir Bahwa, Kita Telah Membahas Hal Ini Sebelumnya. Bagaimana Mereka Bisa Mengambil Pelajaran Dari Perusahaan Jepang, Bukan? Karena Sebagian Besar Produk Dari Merek Jepang DiBuat Di Luar Jepang. Dan Saya Pikir Beberapa Perusahaan, Perusahaan Cina Melakukan Hal Itu.
Dan Ketika Saya Berada Di Vietnam, Saya Berbicara Dennan Beberapa Orang Dari Produsen TV Cina Bernama Tcl. Jadi Mereka Baru Saja Merayakan Ulang Tahun Ke-25 Di Vietnam. Mereka Masuk Pada Tahun 1999. Dan Tentu Saja Luar Biasa, Anda Juga Tahu Merek-Merek Seperti Haier Dan Lain-Lain. Mereka Telah Mendunia Selama Bertahun-Tahun Dan Perusahaan-Perusahaan Ini Menawarkan Banyak Pelajaran Bagi Yang Lain, Tapi Bungian Yang Sulit Adalah Saya Pikir Untuk Bisnis Di Tionggkok, Mereka Selalu Sangat Takut Dengan Persaingan, Bukan? Tidak seperti banyak perusahaan barat yang memiliki eksekutif yang suka membuat studi kasus dan keluar untuk berbagi pengalaman mereka, perusahaan-perusahaan Cina cenderung sangat tertutup karena mereka, pertama, takut jika saya berbicara terlalu banyak, regulator Akan menemukan jejak dari hal-hal yang saya lakukan, yang mana hal tersebut tidak sepenuhnya sesuai. Dan Yang Kedua, Semua Kompetitor Saya Memperhatikan Hal Ini Dan Mereka Akan Menjajaki Peluang Yang Baru Saja Saya Sampaikan. Jadi Tidak Ada, Tidak Ada Insentif Bagi Mereka Untuk Berbagi.
(26:26) Jeremy AU:
Ya, saya rasa sebenarnya ada banyak perusahaan tiongkok yang sudah cukup lama berada di asia tenggara, buukan? Jadi Misalnya Tencent, Yang Merupakan Penerbit Game Yang Kita Bicarakan, Mereka Juga Mengakuisi League of Legends Pada Tahun 2011, Tapi Mereka Juga Berinvestasi Di Shopee, Kan? Dan Sea Dan Garena. Garena Adalah Anak Perusahaan Dari Sea Group Dan Mereka Memiliki Hak Distribusi Untuk League of Legends. Jadi Saya Pikir Mereka Memiliki Siskitar 20%, Saya Pikir Mungkin Sekarang Lebih Sedikit Dari Sea Group Dan Tentu Saja, YA. Dan tentu Saja Kami Juga Memiliki Alibaba Yang Hadir Di Asia Tenggara Melalui Lazada Dan Red Mart, Jadi Mereka Sudah Ada Sejak Lama, Tetapi Mereka Semua Telah Bekerja Cukup Keras Untuk Menjaga Agar Tetap Sederhana. Saya rasa satu hal lagi yang saya tidak ingat adalah bahwa saya rasa tencent adalah Bagian dari grup vng, yang merupakan, saya kira sea ng vietnam, aplikasi super vietnam dalam hal perdagangan elektronik dan seperti pengiriman pesyan dan permainan domestika lokal.
(27:15) Jiiban Li:
Apllikasi Sosial, Pembayaran, Dan Lain-Lain, Laro. Ya, vng membatasi diri mereka sendiri di Vietnam, Sedangkan Sea Group, Seperti, Masuk Ke Negara-Negara Yang Sangat Berbeda. Dan Ini Adalah Sesuatu Yang Sebenarnya Telah Saya Renungkan, Maaf, Ini Sedikit Mengurangi. Jelas, Ketika Garena DiBangun, Dan Tentu Saja Singapura, Doolun di Singapura, Bukan? Vng Dan Garena DIINVESTASIAN OLEH TESLA DI SEKITAR TAHUN YANG SAMA. DAN GARENA DIBANGUN DI SINGAPURA. Dan Sejak Awal, Anda Tahu Bahwa Pasarnya Tidak Cukup Besar, Sehingga anda Harus Pergi Ke Tempat Lain. Untuk vng, saya rasa pa saat itu orang-orang memiliki kspektasi yang tinggi terhadap pasar di vietnam. Jadi anda Merasa Bahwa, Oke, Anda Membangun Banyak Hal Untuk Pasar Vietnam, Pasarnya Cukup Besar Sehingga Pada Akhirnya Akan Kembali. Saya Tidak Tahu. Mungkin vng seharusnya keluar dari vietnam pa masa-masa awal, tetapi sangat sulit untuk membuat kepeptusan itu, Bukan?
Jadi, Hal Yang Sama Juga Terjadi Pada Perusahaan-Perusahaan Cina, Bukan? Begitu Banyak Dari Mereka, Ketika Mereka Bersenang-Senang, Sehingga Mereka Membangun Pasar Internasional Dennan Cara Yang Lebih Oportunistik Dan Tidak Dengan Cara Yang Sangat Serius. Tapi Sekarang Banyak Yang Terpaksa Melakukannya. Jadi Ada Satu Argumen Yang Bisa Dilakukan Lebih Awal? Bangunlah Beberapa Infrastruktur Di luar sehingga setidaknya mereka mengetahui pasar dan ketika mereka benar-benar mencoba untuk melakukannya secara besar-besaran sekarang dan mereka memiliki lebih sedikit pelajaran sulit dipelajari mempelajari semua pelajaran ini dennan biaya yang lebih rendah di masa lalu. Namun Sangat Sulit Untuk Mengatakannya Karena Sekali Lagi, Jika anda Berada Di Kursi Kemudi, Anda Melihat Lebih Banyak Hal Daripada Yang Dikomentari oleh orang luar.
(28:27) Jeremy AU:
Ya. Dari luar, jelas semua orang ingin berkembang dan melakukannya dengan baik di pasar-pasar baru, namun dari sisi kemampuan, bakat anda, apakah anda memiliki eksekutif yang merasa nyaman bekerja seperti dalamed mnc yang mel melasi melinasi batas? Saya rasa semua perusahaan singapura tumbuh dengan menGetahui bahwa mereka Harus keluar dari singapura karena pemerintah mengatakan kepada mereka, teman-teman mereka mengatakan kepada mereka Bahwa, oh, singapura Sangat kecil. Jadi, Semua Orang Memulainya. Dan Tentu Saja, Singapura Memiliki Bandara Yang Bagus. Jadi Semua Orang Sudah Cukup Sering Bepergian Ke Wilayah Ini. Sedangkan menurut saya untuk vietnam, jelas lebih sedikit sejarahnya Dalam hal ekspor dalam hal team building lintas negara, misalnya, Bukan?
(29:00) Jiiban Li:
Pikir untuk sebagian besar pasar ketika anda melihat semua ini, jika anda berbicara tentang teknologi itu sendiri, perusahaan-perusahaan indonesia, jika ata membandingkan grab dan gojek, grab didirikan di Malaysia, tetapi dengan sangat cepat patindaha ke singili, Dengan Sangat Cepat Beroperasi Di Banyak Pasar, Dan Menyadari Bahwa Hanya Dua Pasar Saja Tidak Cukup. Dan Jika Anda Melihat Gojek, Tentu Saja, Memang Benar Demikian, Bukan? Pada awalnya, Mereka Masih Memiliki Banyak Potensi Di Indonesia, Dan Akan Menjadi Distraksi Jika anda Pergi Ke Tempat Lain, Dan Anda Memiliki Sumber Daya Yang Terbatas. Namun Pada Akhirnya, Kami Mencoba untuk Masuk Ke Tempat Yang Sudah Besar, Dan Anda Memiliki Semua Masalah Ini, Yang Saya Diskusikan Dennan Prof Chang Dalam Buku Kami, Bukan? ANDA MEMILIKI SEMUA MASALAH INI, ANDA MEMILIKI SEMUA MASALAH KEPEMIMPINAN, Masalah Organisasi, Dan Masalah Pelokalan Produk. Dan apa pun yang gojek temui di vietnam, di thailand, berekspansi ke pasar-pasar ini dennan cara yangano dasarnya mirip dengan apa yang perusahaan-perusahaan cina atau perusahaan-perusahaan lain, harapkan ketika anda sudah memiliki kehadira Besar Dan Kami Mencoba Berekspansi Ke Pasar-Pasar Lain, Baik Yang Besar Maupun Yang Kecil, Dan Anda Harus Menyulap Semua Organisasi Multi-Pasar Ini, Dan Itu Tidak Mudah.
(29:56) Jeremy AU:
Ya, ini sebenarnya mengingatkan saya pada teori saya tentang lima jenis unicorn di asia tenggara. Yang Pertama Adalah Cerita Nafas Singapura, Yang Saya Pikir Asia Partners Bicarakan Dalam Laporan Mereka Pada Dasarnya Dari Singapura, Anda Berekspansi Ke Seluruh Asia Tenggara. Jadi Grab Dan Grup Sea Anda, Kategori Kedua Adalah Pendekatan Khusus Indonesia, Yaitu Gojek Dan Tokopedia. Dan kemudian kategori ketiga adalah di vietnam, seperti anda mencoba melakukan beBerapa produk, jadi mungkin setiap lini produk memiliki pendapatan seratus juta dolar atau 10 juta dolar, tetapi ata mencoba menumpuk lima hingga 10 lini Super atau Konglomerat Mini Untuk Vietnam. Dan Kemudian Tipe Keempat Adalah, Seperti anda Kebetulan Berbasis Di Asia Tenggara, Tetapi anda Sebenarnya Adalah Perusahaan Global, Seperti, Saya Tidak Tahu, Crypto Atau, Anyan Kebetulan Tinggal Di Bali Atau Thailand. Dan Tipe Kelima Adalah Perusahaan-Perusahaan Cina Yang Pindah Ke Singapura Dan Menjadi Perusahaan Singapura. Jadi, Anda Memiliki Shein Dan Bytedance, Perusahaan Singapura Sekarang. Jadi itulah lima jenis unicorn yang saya pikir saya lihat di asia tenggara.
(30:51) Jiiban Li:
Oh, Ada Satu Jenis Lagi, Yaitu Perusahaan Ventura. Menginvestasikan satu miliar dolar ke sebuah perusahaan dan mengatakan bahwa, oke, perusahaan ini memiliki investasi 1 miliar, dan tentu saja ini unicorn, nilainya lebih dari satu miliar.
Ya. Jadi, Satu Miliar Dolar Yang Telah Saya Berikan, Apakah anda Sudah Berkomitmen Untuk Perusahaan Ini? Jelas Perusahaan Ini Bernilai Lebih Dari Satu Miliar. Jadi itu tipe yang lain.
(Jeremy AU:
Ini tidak saling Eksklusif untuk Lima yang pertama, menurut saya, tapi, Kadang-Kadang bis Menjadi kenyataan, anda tahu?
(31:12) Jiiban Li:
Jadi, Sekali Lagi, Kembali Ke Apa Yang Kita Bahas Sebelumnya Tentang Siklus Booming Dan Bust, Ketika Orang-Orang Memiliki Gagasan Semacam Unicorn, Memiliki Semua Teori Dan Jalur Tentang Bagaimana anda Berpotensi Membangun Perusahaan Teknologi Dan Tentu Saja anda Selalu Memiliki Pendapat Yang Beragam, Bukan? Beberapa Orang Berpikir Bahwa Itu Terlalu Sulit. Itu tidak mungkin. Dan Jangkauannya Terlalu Beragam. Beberapa Orang Berpikir Bahwa, Oke, Cina Telah Melakukannya. Wilayah ini merupakan seperempat dari ekonomi tiongkok. Mengapa Tidak Bisa Melakukannya? Dan Beberapa Orang Mengatakan Bahwa Oke, Beberapa Orang Mengakui Tantangannya Sangat Besar Tetapi Dibutuhkan Beberapa Pengusaha Hebat Untuk Mengatasinya, Dan Sebagainya, Dan Sebagainya. Ini Semua Adalah Narasi. Maksud Saya, Siklus Booming Dan Bust. Jadi Saya Tidak Tahu. Ada Banyak Kritik tentang Perusahaan Modal Ventura, Namun Menurut Saya, Mereka Bertanggung Jawab Atas Uang Mereka, Mereka Bertanggung Jawab Atas Uang Mereka, Atas Uang para sa Mamumuhunan. Mereka Bertindak Secara Profesional, Dan Mereka Bertanggung Jawab atas Apa Yang Mereka Lakukan. Dan Beberapa Perusahaan Bekerja Keras, Beberapa Perusahaan Tidak Bekerja Keras Dan Beberapa Orang Memiliki Penilaian Yang Lebih Besar Daripada Yang Lain. Beberapa Orang Memiliki Keberuntungan yang Lebih Besar Daripada Yang Lain. Ini Semua Bukan Bagian Dari Ekonomi Yang Normal, Bukan? Dan Sebagai Hasilnya, Infrastruktur Menjadi Lebih Baik, Pembayaran Menjadi Lebih Baik, Logistik Menjadi Lebih Baik. Jadi Pilihan Barang Dan Barang Laga Masyarakat menjadi Lebih Baik. Jadi ya, itu sudah cukup bagus.
(32:09) Jeremy AU:
Untuk Itu, Mari Kita Akhiri Dan Sampai Jumpa Bulan DePan.
(32:12) Jiiban Li:
Ya. Sampai Jumpa Lagi. Sampai Jumpa.