Reaksi Berlebihan, Dislokasi & Kebingungan, Lanskap Investasi 2023 kumpara sa 2024, Serta Pemasukan Modal TAHUNAN $ 9 Miliar Dan Ekspektasi Keluar Yang Realistis Dennan Shiyan Koh Dan Dmitry Levit - E386

"Jadi, Dinamika Yang Sama yang Kita Lihat Di Asia Tenggara, Anda Memiliki Sekumpulan Investor Lokal Dari Berbagai Suku, Perusahaan, Pemerintah, Dana, Dan Ekosistem Investasi Global Mulai Dari Dana Awal Hingga Mana-mana, Termasuk di Amerika Latin Dan Africa Bahwa Modelong Bisnis Baru Ini Tersedia, Pemain Unggulan Masuk, Pemain Seri A Masuk, Pemain Seri B Masuk. Tahap Akhir Peduli Dengan Hal Itu. - Dmitry Levit

"Saya Sering Bertanya Kepada para Pendiri, Apa Yang Akan Mereka Lakukan Jika Investor Tidak Ada? Apakah Bisnis Ini Benar-Benar Mustahil Tanpa Investor? Anda Mungkin Tidak Bisa Membangun Sebuah Roket, Anda Roket Pendiri Harus Memikirkan Berapa Banyak Modal Yang Dibutuhkan sudah memvalidasi cukup banyak hal sehingga anda harus Menghabiskan hidup dan waktu ata untuk ini? Pasarnya, Anda Bisa Mencari Modal untuk Melakukannya. " - Shiyan Koh

"Yang membingungkan Adalah tidak adanya kejelasan mengena konsensus tersebut. Apakah konsensus kita adalah bahwa singapura adalah pusat teknologi yang miyembro teknologi mutakhir yang luar biasa kepada dunia? mengambil alih tiNgkok sebagai pusat manufaktur dunia? Meskipun para pedaga Komoditas, Pembeli Ikan, Dan Penjual Kopi Tampaknya Semakin Dekat Dennan Hal Itu, Tetapi Itu Juga Akan Berlalu. " - Dmitry Levit

Dmitry Levit , Pangkalahatang Kasosyo Cento Ventures , Shiyan Koh , Pamamahala ng Partner Hustle Fund , Dan Jeremy Au Membahas Tiga Tema Utama:

1. Lanskap Investasi 2023 kumpara sa 2024: Dmitry, Shiyan, Dan Jeremy Membahas Laporan Cento Timog Silangang Asya 2023h1 Dan Mencatat Perbedaan Antara Persepsi Malapetaka Ekonomi Di Media Dengan Realitas Angka Pendaan Di Asia Tenggara. Dmitry Menunjukkan Adanya "Pengaturan Ulang" Dalam Aktivitas Investasi, Dennan "Tumpukan Pendaan Awal Yang Stabil" (Seed Hingga Seri A/B) Yang Mempertahankan Momentum Sementara Kesepakatan Pertumbuhan Tahap Selanjutnya Menurun Secara Signifik. Percabangan Ini Mencerminkan Tren Yang Lebih Luas Dari Optimisme Yang Berhati-Hati Di Antara Investor Tahap Awal Dan Kalibrasi Ulang Ekspektasi Di Antara Pemodal Tahap Akhir. Mereka Juga Menggarisbawahi Pentingnya Memahami Dua Ekosistem Paralel Ini Bagi Para Pendiri Dan Investor, Yang Menunjukkan Bahwa Strategi Perlu Disesuaikan Tergantung Pada Tahap Investasi.

2. Dmitry Levit Mengamati Bahwa Asupan Modal Rata-Rata Jangga Panjang Untuk Wilayah Ini Rata-Rata SeKitar $ 9 Miliar. Ia menyoroti bahwa kspektasi keluar yang bijaksana di asia tenggara harus memperttimbangkan keluarnya $ 100 juta sebagai hal yang sangat baik, dennan kasus-kasus luar biasa yang berpotensi melebihi $ 250 juta, danambahkan rincian lebihi $ 250 Lanjut tentang tingkat pertumbuhan. Beliau Menekankan Pentingnya Strategi Dana Yang Disiplin Di Seluruh IPO, Penjualan Perdagangan, Dan Sekunder.

3. Reaksi Berlebihan, Dislokasi & Kebingungan: Mereka membahas Kabut Perang Dalam Ekosistem Teknologi Di Kawasan Ini Yang Didorong oleh tekanan Ekonomi Global, Hype Media Dan Siklus Malapetaka, Serta Perubahan Arus Investasi. Peluang Yang Terlewatkan, Ketidaksselarasan Strategi-Pasar, Dan Tekanan Pada Tim Pencipta Nilai Saat Ini Sedang Diselesaikan. Mereka membahas Bagaimana para Pendiri Dan Investor Perlu Segera Menyelaraskan Strategi Pertumbuhan Dan Strategi Keluar Mereka Dengan Reialitas Pasar Di Kawasan Ini. Mereka juga membahas tentang jeda waktu penyerapan berita di seluruh ekosistem vietnam dan bagaimana pencarian cerita "indonesia" berikutnya sedang berhenti sejenak.

Dmitry, Shiyan Dan Jeremy Juga Berbicara Tentang Peran Persepsi kumpara sa Realitas Dalam Membentuk Strategi Investasi, Tantangan Untuk Narasi Ekspansi Multi-Negara, Dan Tema VC "Ekuitas Swasta Berkapitalisi Kecil Tanpa Leverage" Yang Sedhang DiMainkan.

Didukung oleh hdmall

Hdmall Adalah Pasar Layanan Kesehatan Di Asia Tenggara Yang Menghubungkan Pasien Dengan Lebih Dari 1.800 Penyedia Layanan Kesehatan. Ini Mencakup Berbagai kategori Seperti Gigi, Estetika, Dan Operasi Elektif. Lebih Dari 300.000 Pasien Telah Mengakses Layanan Kesehatan Yang Lebih Terjangkau Melalui Hdmall. Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan Yang Layak anda Dapatkan. Jika Anda Berada Di Thailand, Kunjungi Hdmall.co.th . Jika anda Berada di Indonesia, Kunjungi hdmall.id .

(01:33) Jeremy AU:

Pagi, Dmitry. Pagi, Shiyan.

(01:35) Dmitry Levit:

Selamat Pagi Semuanya.

(01:36) Shiyan Koh:

PAGI! Vietnam. Ayo Kita Lakukan.

(01:38) Jeremy AU:

Ya, Dmitry, Terima Kasih Telah Menelepon Dari Bangkok Dan Sangat Menyenangkan Mendengar Laporan Terbaru Anda. ANDA BERCERITA TENTANG TAHUN 2023, PARUH PERTAMA. Sekarang Kita Berada Di Tahun 2024. Jadi Kami ingin Bertanya Kepada anda Tentang Hal-Hal Spesifik Tentang Laporan Ini, Tetapi Juga, Anda Tahu, Anda Memata-Matai Dengan Mata Kuantitatif Dan Kuitatif Kecil Anda Untuk Sisa Thun 2023 Dan 2024 Juga. Jadi, Dmitry, Bisakah anda Berbagi Lebih Banyak Tentang Hal Ini Secara Lebih Mendalam? ANDA TAHU, ANDA Telah Menerbitkan Laporan Ini Selama Beberapa Tahun Sekarang. Saya Hanya ingin Tahu Tentang Bagaimana Laporan Ini Muncul Dan Bagaimana Laporan Ini Berkembang Selama Bertahun-Tahun.

(02:09) Dmitry Levit:

Tentu Saja. Sebenarnya Kami Telah Melakukan Ini Sejak 2010, Namun Memutuskan Untuk Berbagi Dengan Dunia Pada Tahun 2017. Lakukan? Pemetaan Pasar Pada Awalnya Dimaksudkan Untuk Menjadi 30, 40 Slide Deck, Tetapi Kemudian Menjadi Tidak Terkendali Dan Kami Menjadi Bersemangat Tentang Data Crunching.

Selama Bertahun-Tahun, Ini Menjadi Hal Yang Memiliki Dua Tujuan Dan Perangkat Penyelarasan Internal. SEHINGGA SETIAP IC TIDAK MENYELAM SELAMA TIGA JAM KE DALAM APA ITU PERUSAHANAN TEKNOLOGI, APA ITU PERUSAHAAN YANG BERDEKATAN DENGAN TEKNOLOGI. Mari Kita Keluarkan Semua Definisi Itu. Dan Secara Eksternal, Ini Menjadi Perangkat Pembangun Kepercayaan. Saat anda memberi saran kepada para pendiri tentang lima, tujuh tahun ke depan dalam hidup mereka, tentang ditoimana cara menggalang dana, proyeksi modal apa yang harus dilakukan, acara likuidasi apa yang harus mereka lakukan. Anda Harus Kredibel Saat Memberikan Saran Seperti Itu. Jadi Itulah Awal Mulanya. Dan Kemudian Selama Bertahun-Tahun Kami Mencoba Menambahkan Beberapa Hal Selama Booming ICO, Beberapa Telur Paskah Dengan Video Artis Perwakilan ICO Dan Sebagainya, Hanya Untuk Membuatnya Tetap Menarik. Jadi Itulah Yang Menjadi Latar Belakang Laporan Ini.

Yang Menarik Adalah, Ini Adalah Salah Satu Tahun Di Mana Tidak Ada Yang Terjadi. Paruh Pertama Tahun 2023 Sebagian Besar Menarik oleh apa Yang Tidak Ada Dalam Data. Semua Keributan di Amerika Serikat Akan Segera Berakhir. Semua Kegelapan yang Muncul Dalam Liputan Media Di Asia Tenggara, Menurut Saya, Mungkin Terjadi Sejak Akhir Tahun 2022, Tetapi Angka-Anga Aktual Di Tumpukan Data Utama Asia Tenggara, Setidaknya, Menyatakan Bahwa Bisnis Berjalan Seperti Biasa. Saya Yakin Setelah Kami Selesai Dengan Perhitungan, Situasi Paruh Kedua Tahun Ini Akan Berubah, Tetapi Itu Adalah Laporan Yang Menarik untuk Dibuat. ANDA BISA MERASAKAN KEKUATAN SEISMIK BERGERAK DI BAWAH PERMUKA, NAMUN Angka-Anka Yang Ada TERLIHAT CUKUP MENGGEMBIRAKAN.

(03:39) Jeremy AU: Wow. Saya Penasaran Dennan Hal Itu Karena Ada Kesenjangan Antara Apa Yang Anda Katakan Dan Bagaimana, Anda Tahu, Bagaimana Suasana Hati Di Tingkat Pendiri Dan Tingkat vc. Jadi Apa, Apa Yang Menjelaskan Kesenjangan Tersebut Dari Sudut Pandang Anda?

(03:51) Dmitry Levit:

APAKAH ANA BERBICARA TENTANG SUDISANA SEKARANG, Pebruari 2024, Atau JUNI, JULI 2023?

(03:57) Jeremy AU:

Benar. Kita kita bicara tentang mungkin busur umum, karena saya pikir yang besar yang ata bagikan pada tahun 2023 h1 dan yang ata rilis, da tahu, sebelumnya beeberapa bulan yang lalu adalah tentang setelah Aktivitas investasi gelembung ganda diatur ullang, bagian, Bawahnya Sudah Dekat. Apakah anda sudah mencapai titik terendah?

(04:11) Dmitry Levit:

Oke. Kita Akan Kembali Ke Topik Kesenjangan Dan Persepsi Sebentar Lagi, Tetapi Untuk Hal Gelembung Ganda, Pertama-Tama Menyenangkan Untuk Diucapkan, Jadi Kami Memutuskan Untuk Memasukkannya Ke Dalam Nama Slide. Saya rasa hal yang penting adalah untuk melihat melewati angka-manga di baris teratas, yang jelas merupakan slide pertama kami, tapi seas slide menyarankan untuk melewatinya dan langsung menuju ke slide yang menguraikan dinamika antara apa yanga seebut sebagai core funing stack dinamika Tenggara. Kita Semua di Sini, Semua Orang Yang Berbasis Di Sini, Atau Yang Sebagian Besar Berfokus Pada Asia Tenggara Seri A Hingga C Plus Dan Jagat Pendaan Tahap Akhir Di Mana Para Pengambil Keputusan Berada Jauh, Sangat Jauh Dari Asia Tenggara. Jadi, Dinamika Antara Dua Ekosistem Yang Hampir Sejajar Ini Sangatlah Kompleks. Dan apa yang kita lihat di paruh pertama tahun 2023, untuk mengurai Komentar saya sebelumnya, Adalah Ekosistem pertama berpisah dennan lebih bersemangat, sementara ekosistem kedua, kesepakatan besar, hampir Mati total, turun menjadi 400 Kesepakatan, Dan Dua di Antaranya Terlihat Sangat Mirip Dengan Pengumuman Sesuatu Yang Sudah Matang Pada Tahun 2022.

Jadi itu membuat kami berpikir. Jadi, Tentu Saja Kita Melihat Pengaturan Ulang, Tetapi Pengaturan Ulang APA? Nah, Jika Kita Melihat Dua Ekosistem Yang Berbeda Yang Hidup Berdampingan, Maka Sebenarnya Ada Dua Pengaturan Ulang Yang Berbeda. Dan Sepertinya Core Stack Tidak Mengatur Ulang Terlalu Jauh Ke Belakang. Tahun 2019, Jika Dilihat Dari Tampilannya, Sementara Ekosistem Mega Deal, Angkanya Terlihat Seperti Tahun 2017, Mungkin Akan Kembali Ke, Anyan Tahu, Laporan Yayasan Kauffman Yang Bagus Tentang, "Kita Telah Bertemu Musuh Dan Musuhnya Itu adalah referensi tahun 2010 yang sudah sangat tua. Jadi, Itulah Penyelaman Dalam Gelembung Ganda, Jika Anda Suka. Para pendiri, saya rasa kita tidak terlalu memperhatikan hal ini pada paruh pertama tahun 2023, jika mereka mengumpulkan seri a hingga c. aktivitas sebenarnya berjalan dengan baik dan valuasi bahkan tidak menyesuaikan secara masif. Orang-Oang Yang Perlu Mengumpulkan Putaran Pertumbuhan Besar, Tentu Saja, Akan Memikirkan Hal Itu, Tetapi Mereka Sebagian Besar Dimuat Dari Tahun 2022.

Jadi tidak yakin apa perbedaannya pa paruh pertama tahun ini, tetapi kemudian pa tahun kedua, oh, tentu saja, hal yang sama sekali berbeda. Tapi itulah sedikit perjalanan waktu yang kami lakukan sekarang.

(06:02) Jeremy AU:

Shiyan, Apa Pendapat Anda?

(06:03) Shiyan Koh:

Maksud Saya, Saya Setuju, Yaitu Selalu Ada Semacam Jeda. Sererkali terasa seperti antara apa yang terjadi di bilang dan ketika hal itu benar-benar terasa di pasar lokal. Jadi saya rasa banyak pendiri di wilayah ini yang mengononsumsi media dari pasar as. Jadi, Ada Semacam Kereta Reaksi Yang Tertunda Di Mana Seperti, Oke, Saya Membaca Semua Hal Yang Terjadi. Apakah hal itu sedang terjadi saat ini? Belum Belum Oh, oke. Sekarang Sedang Terjadi. Jadi saya pikir itu mungkin sedikit perbedaan antara babak pertama dan babak kedua.

(06:31) Dmitry Levit:

Sebenarnya, Tahun 2022 Bahkan Lebih Menarik Dalam Hal Ini Karena anda Akan Mengingat Lonjakan Suku Bunga. Hal itu ramai DiBicarakan di bilang Pada Akhir 2021. Pada tahun 2022, para co-investor kami beber di as yang berada di tahap akhir mulai menelepon beberapa pendiri kami di tahap selanjutnya dan mengataman bahwa dunia sudah berakhir, seperti Yang Kitia Ketahui. Dan oleh karena itu, jual, jual, jual, sementara para pendiri di asia tenggara seperti itu, ya? Dan Pada Tahun 2020, Anda Ingat Bahwa Setyembre, Oktober 2022 Adalah Beberapa Acara Besar Pertama Kami Di wilayah Ini Setelah Semua Penguncian Covid, Itu Adalah Dealstreetasia Yang Besar Di Bali, Saya Pikir Itu Mematahkan Periode Gelap Yang Panjang Dan Gelap Karena tide Tertemuan. Jadi, Tingkat antusiasme di Asia tenggara Pada akhir tahun 2022, awal tahun 2023 sebenarnya cukup tinggi. Jadi itu adalah waktu yang sangat menarik untuk mengamati keterputusan total antara apa yang dibicarakan dunia dan apa yang dibicarakan asia tenggara. Dan Kemudian Ekosistem Asia Tenggara Semuanya Terhubung Dennan Dunia Secara Berbeda. Saya Pikir Pesta Di Vietnam Berlangsung Hingga Nobyembre 2023.

(07:27) Jeremy AU:

Oh, wow. Saya Selalu Menyukai Pesta Yang Berlangsung Lebih Lama. Eh, Jadi Saya Kira, Saat Ini Hal Tersebut Sedikit menimbulkan pertanyaan, Yaitu Jika anda Membaca Berita Teknologi Di bilang Saat Ini, Rasanya Seperti Sudah Mencapai Titik Terendaha Atau Setidaknya Pemulihan Sudah Mulasi Terjadi. Itu Adalah Salah satu cara untuk membacanya. Jadi, Jika anda Menyiratkan Bahwa Ada Jeda Waktu, Apakah anda Mengatakan Bahwa Kita Tidak Perlu Terlalu Suram Di Asia Tenggara Dan Bahwa Tunas-Tunas Baru Akan Mulai Muncul Dalam Waktu Enam Bulan Hingga Sata Tagu?

(07:49) Dmitry Levit:

Sebenarnya, Jika anda Mengasumsikan Adanya Jeda, Saya Rasa Hal Ini Sudah Cukup Terbukti, Maka Saya Kira Asia Tenggara Akan Menderita Setahun Lebih Lama Lagi. Namun Sebaliknya, Selalu Sulit untuk membuat Prediksi Tersebut Karena Asia Tenggara Bukanlah Satu Hal. Tetapi Salah Satu Eksperimen Pemikiran Paborito Saya Adalah Mengingat Bahwa Asia Tenggara, Dalam Banyak HAL, Tidaklah Unik, Melainkan Salah Satu Dari Sekian Banyak Wilayah Berkembang Di Dunia Yang Sedang Berkembang Dalam Hal Ekosistem Digital.

Jadi, Selalu Menjadi Hal Yang Mendidik Untuk Melihat Apa Yang Dilakukan oleh para Tetangga, Dan Saya Tidak Berbicara Tentang Cina Dan India, Mereka Memiliki Dinamika Tersendiri. Saya di timur tengah, saya di afrika, saya di Amerika Latin. Jadi Kami Melakukan sedikit Eksperimen Angka Selama Beberapa Tahun Di Sana, Hanya Untuk Melihat, Oke, Jadi Apa Dasar Yang Ditetapkan Dari Setiap Wilayah, Seperti Berapa Banyak Modal Yang Masuk Ke Salah Satu Wilayah Ini Dalam Sata THUN TERTENTU, ATAU SETUH TAHUN Tertentu, Dan Melihat Bagaimana Hal Itu Berkembang Dari Waktu Ke Waktu.

Jadi kesimpulannya untuk paruh pertama tahun lalu adalah asia tenggara sudah berada di Bawah garis dasar selama 12 bulan. Satu-Satunya Wilayah Global Lain Yang Kami Lacak Adalah Tiongkok Karena Alasan Yang Jelas, Yaitu Tiongkok. Semua Orang Lain Lagi-Lagi Berada Di Atas Garis Dasar. Jadi, Jika Kita Mengasumsikan Konvergensi Masih Berlaku Di Dunia Ini, Maka Menurut Semua Orang Akan Jatuh, Tetapi Asia Tenggara Akan Sedikit Lebih Sedikit Jatuhnya, Dan Pendaratannya Akat Sedikit Lebih Ringgyan. Itulah optimisme saya untuk uro di pagi yang cerah ini.

(09:00) Shiyan Koh:

Wow, sai Pasti Bulan Biru. Kami Punya Dmitry Yang Optimis.

(09:03) Dmitry Levit:

Pagi Hari Di Bangkok, Dan Saya Baru Saja Minum Kopi, YA, Selama Lima Detik.

(09:07) Jeremy AU:

Mari Kita Bicara Tentang Kata Konvergensi. APA tesis di Balik itu?

(09:10) Dmitry Levit:

Konvergensi Bagi Saya, Maksud anda?

(09:11) Jeremy AU:

Ya.

(09:11) Dmitry Levit:

Sepertinya Kita Tidak Sendirian Di Alam Semesta Ini. Jadi, Dinamika Yang Sama Seperti Yang Kita Lihat Di Asia Tenggara, Anda Memiliki Sekelompok Investor Lokal Dari Berbagai Suku, Perusahaan Anda, Pemerintah Anda, Dana Anda, Seperti Yang Kami TAHAP AKHIR. Ini Adalah Pengaturan Yang Sama di mana-mana, Termasuk di Amerika Latin, Termasuk di Afrika. Jadi Ada Interaksi Antara Keduanya Di Mana-Mana. Dan Sepertinya Jika anda Benar-Benar Menghapus Ekosistem Global Dan Meninggalkan Pemain Lokal, Perubahan Dari Tahun Ke Tahun Tidaklah Ekstrem. Ketika Ekosistem Memberi Tahu anda Bahwa Model Bisnis Baru Ini Tersedia, Orang-Oang Unggulan Masuk, Orang-Oang Seri A Masuk, Orang-Oang Seri B Masuk. Disrupsi Muncul Ketika Hal Ini Berinteraksi Dengan Ekosistem Global. Ketika insentif besar muncul, misalnya, untuk mendorong gmv tanpa monetisasi ap run karena mamumuhunan tahap akhir peduli dennan hal itu. Jadi, Ketika Anda Menghilangkan Gangguan Global Itu, Gangguan, Apa Pun Sebutannya, Maka Ekosistem Lokal Cukup Stabil. Jadi tesis saya adalah jika mamumuhunan global saat ini memiliki banyak hal yang harus dilakukan di dalam negeri, seperti menjelaskan dpi nol dan yang lainnya, Maka ekosistem lokal akan kembali ke kondisi normal. Jadi, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan Kondisi normal itu. Secara Metodologis Sangat Sulit, Karena Apa Yang Dimaksud Dengan Kondisi Normal Jika Segala Sesuatu Berubah Setiap Tiga Tahun Secara Batayan? Jadi Kami Mengambil Periode Empat Atau Lima Tahun Dan Membangun Garis Dasar Dari Situ, Dennan Harapan Itu Akan Memiliki Kekuatan Prediksi, Tetapi Hanya Untuk Bersenang-Senang.

(10:26) Jeremy AU:

Jadi, Apa Yang Normal, Dan Saya ingin Sekali Mendengarnya.

(10:28) Dmitry Levit:

Normal.

(10:28) Jeremy AU:

Yang Pasti, ANDA MEMILIKI APA YANG ANDA PIKIR NORMAL SEKARANG SUDAH KEMBALI NORMAL.

(10:32) Dmitry Levit:

Saya hafal, dan saya akan memberi tahu anda bahwa menurut dmitry, menurut dmitry dan beBerapa angka yang saya hitung dennan cermat, rumah kami melihat bahwa saat ini asupan modal 4,5 miliar dolar as. Kami Berada di Angka 3,8 & 3,1 Dalam dua Periode Setengah Tahun Terakhir. Jadi itulah yang saya Maksud Dennan Berada di Bawah Garis Dasar. Sebagai Gambaran, Misalnya, Angka Normal Untuk Kawasan Amerika Latin Adalah 1,5. Dan Saat Ini Mereka Berada Di Angka 1,7, Jadi Sedikit di Atas Angka Normal. Jangan Mulai Dengan Timur Tengah. Ya, Itulah yang saya Maksud.

(11:04) Jeremy AU:

Bagaimana Dennanmu, Shiyan? Menurut Anda, apakah Yang Dimaksud Dengan Normal Itu?

(11:06) Shiyan Koh:

Nah, Maksud Saya, Saya Rasa Ada, Anda Bisa Memikirkan Apa Saja Alirannya, Bukan? Jadi, Berapa Banyak Uang Yang Sebenarnya Harus Dikerahkan Oleh Dana Yang Difokuskan Pada Suatu Wilayah Dan Berapa Kecepatan Normalnya Yang Mereka Sampaikan Kepada Orang-Oang, Bukan? Dan apakah Ada sesuatu yang mengganggu hal itu dalam periode yang ata lihat? Jadi, Saya Pikir Apa Yang Kita Lihat Dalam Beberapa Tahun Terakhir Adalah Adanya Percepatan Penggalangan Dana, Karena Ketika anda Melihat Uang Tahap Akhir Masuk Dan Orang-Orang Dapat Mendorong Banyak Hal, Maka Itu Memberi Mereka CeriTa Hitam Dan Berkata, "Kami Melakukan Pekerjaan Dennan Baik. Lihatlah Markup Ini. Beri Kami Lebih Banyak Uang Dan Kemudian Ketika Tahap Akhir Pembuangan Hilang, Maka Orang-Orang Akan Berkata, Oh, Mungkin Seabi Perlu Memperpanjang Piyesa Sayon. Mungkin saya perlu memperlambat dan membuat hal ini bertahan lebih lama sebelum saya kembali ke pasar karena saya tidak benar-benar memiliki markup untuk terompet lagi.

Jadi saya setuju dennan pendapat dmitry mengenai dua ekosistem yang berbeda yang saling berinteraksi satu SAMA lain. Maksud saya, saya pikir ada semacam jumlah uang dalam kondisi stabil yang bersedia dikerahkan oleh lembaga-lembaga ke pasar negara berkembang berdasarkan alokasi portofolio mereka, dan saya pikir itu mungkin hayas fungsi dari Produktivitas Dan, Mungkin Juga Beberapa Tambahan Pemasaran, Tergantung Pada Seberapa Baik Wilayah Tersebut Dalam Memasarkan Cerita Tersebut. Jadi, Saya Pikir Kita Sudah Kembali Ke Kondisi Normal. Dan Seperti, Mangkuk Punch Telah Diambil Dalam Arti Tertentu. Jadi Orang-Oang Kembali Membicarakan, Oke, Seperti Apa Jalan Menuju Profitabilitas? APA YANG DIMAKSUD DENGAN UNIT EKONO? Semua Jenis Metrik Pembangunan Bisnis Yang Membosankan Yang Kita Kenal Dan Sukai. Jadi

(12:28) Dmitry Levit:

Bolehkah saya memperkenalkan kerumitan Tambahan Pada hal ini? DENAN

(12:30) Shiyan Koh:

Silakan Lakukan.

(12:31) Dmitry Levit:

Karena Ada Daya tembak dan ada insentif untuk dikerahkan, dan itu adalah dua hal yang sedikit berbeda. Yang Pertama, Berapa Banyak Modal Yang Harus Dikerahkan? INI DOBANGUN SELAMA BERTAHUN-TAHUN. Jadi reaksi cepat lp terhadap dpi yang rendah adalah Dalam 12 Bulan terakhir. Bahkan Belum Mulai Bermain Dalam Jumlah Bubuk Kering Yang Tersedia Berdasarkan Semua Yang Saya Baca Dari Prigpin. Jadi, Katakanlah Kita Belum Kehabisan Modal Dan Ekosistem Memang Memiliki Cukup Banyak Core Stack Lokal Untuk Menyebarkan 2,3, 2,5 Miliar Setiap Setengah Tahun. Dan Itulah Yang Telah Dilakukannya, Membangun Dennan Mantap Selama Bertahun-Tahun Sehingga Parameternya Tidak Terlalu Banyak Berubah. Namun, Ada Saat-saat di mana reaksi berlebihan muncul ketika secara emosional, oh, apa yang akan saya lakukan dennan dana saya selanjutnya? Semua Modal Yang Tersedia Berhenti Masuk. Titik itu tidak Datang Pada Paruh Pertama Tahun 2023, Tetapi Melalui Perasaan Dan Getarannya. Hal Itu Tampaknya Akan Terjadi Pada Bulan Setyembre, Oktober, Nobyembre, Tergantung Pada Berbagai Negara Dan Segmen Serta Tahapan Investasi. Tetapi saya akan mengatakan baka jika anda mengatakan Menghilangkan emosi dan mengalihkan pola pikir manajer kembbali ke tempat mereka beberapa kuartal yang lalu, INI. Masih Ada Di Sana. Atau Begitulah Yang Dikatakan Orang-Oang Prigpin Kepada Saya.

(13:36) Jeremy AU:

Dan, Anda Tahu, Jika Yang Anda Katakan Adalah Biaya Yang Menurut Anda Stabil. Jadi, itu berarti bahwa para pendiri baru yang ingin mendirikan dan perusahaan tahap awal ingin mengumpulkan dana, akan dapat menemukan modal jika mereka adalah perusahaan yang berkualitas. Namun Jika Yang anda Katakan Adalah Tahap Terakhir Benar-Benar Seperti Mengalami Penurunan Volume Pendaan, Apa Artinya Hal TerseBut BaTi Jalan Keluar Yang Menurut Anda Harus Diupayakan oleh para Pendiri Dan VC? Karena anda juga menyebutkan dalam presentasi bahwa jendela likuiditas sudah tertutup. Dan Juga Tahap Akhir Juga Memiliki Lebih Banyak Puncak Dan Lembah, Tetapi Juga, Anda Dapat Mengatakan Tidak Konsisten Atau Tidak Dapat Diandalkan Dari Perspektif Pendiri. Jadi Bagaimana Pendapat at Tentang Hal Itu?

(14:13) Dmitry Levit:

Oh, bolehkah saya mengganggu dan menguraikan pertanyaan anda menjadi tiga pertanyaan berbeda?

(14:16) Jeremy AU:

Tentu Saja, Silakan.

(14:17) Dmitry Levit:

Ada, Ada Banyak Yang Tinggal di Sana Bersama-sama. Ada Pertanaan apakah Pendiri Pada Tahap Awal Yang Masuk Ke Pasar Saat Ini Merasa Senang Dengan Peluang Mereka? Menurut Saya Sama Sekali Tidak, Karena Psikologi Investor Masih Berlaku. Dan Meskipun Mereka Memiliki Dana, Mereka Mungkin Hanya Akan MenjaGu Beberapa Hari, Minggu, Atau Berapa Lama Pun Waktu Yang Mereka Butuhkan Untuk Pulih. Akan Tetapi, Haruskah Mereka Merasa Khawatir Tentang Peluang Mereka Untuk Mendanai Perusahaan Mereka Selama Lima Tahun Ke DePan? Tidak Sama Sekali. TUMPUN INTI ADA DI SANA. Insentif Adalah apa Adanya. Ekonomi Adalah apa Adanya. Asia tenggara tidak akan lagi ditinggalkan oleh vc sebagai kelas aset dan mengalami defunding. Jadi, Itu Adalah Dua Jawaban Yang Sangat Samar Untuk Pertanyaan Pertama. Pertanaan Ketiga Tentang Jalan Keluarnya, Yaitu Lubang Kelinci Yang Cukup Besar. Banyak Kelinci di Dalamnya. Jadi Saya Tidak Mengharapkan Adanya Perubahan Besar Pada Dinamika Pangunahing Asya Tenggara - Ipo Tidak Berhasil, Penjualan Perdagangan Berhasil, Dan Pasar Sekunder Berjalan Dengan Sangat Baik, Tetapi Seharusnya Tidak.

Jadi Dalam Segitiga Yang Indah Ini, Saya Pikir Semua Perencaan Untuk Jalan Keluar Harus Dilakukan Untuk Masa Mendatang. Izinkan saya menguraikannya sedikit. Bahwa ipo tidak berhasil, saya rasa kita sudah mengonfirmasikannya di chop, dennan beeberapa pengecualiian yang terlihat di singapura dan Malaysia, terutama di indonesia. Hal ini Mungkin Saja Berubah, Namun Harapan Selalu Ada. Saya Melihat Anda, Bursa Efek Bangkok, Tetapi Akan Memakan Waktu Bertahun-Tahun. Jalan Keluar Perdagangan, Seperti Biasa, Pasar Tidak Mudah Dibersihkan. Para pendiri sedikit melebih-lebihkan harga perusahaan mereka. VC Mereka Sangat Menghargai Perusahaan Mereka. Para ahli strategi, terlepas dari penampilannya, tidak mau berpisah dennan ratusan juta dolar di neraca keuangan mereka. Jadi, Ini Adalah Pertarungan, Ini Adalah Perjuangan, Ini Adalah Tarian Selama Bertahun-Tahun Sebelum Jalan Keluar Perdagangan Yang Bagus Terjadi.

(15:48) Dmitry Levit:

Jika anda Melihat Grafik Dalam Laporan Tersebut Yang Menunjukkan Sumber Likuiditas Selama 10 Tahun Terakhir, Anda Akan Melihat Tahas Penjualan Perdagangan Menjadi Sumber Utama Likuiditas. Dan Kemudian anda Akan Melihat Dua, Tiga Tahun Yang Istimewa, Ketika Pasar Sekunder Menjadi Sumber Utama Likuiditas. Dan Tahun-Tahun Itu Juga Merupakan Tahun-Tahun Yang Penting Bagi Beberapa Pemain Besar Dalam Ekosistem Kita, Bukan? Memori Otot Telah DiBangun. Itulah pedoman untuk asia tenggara. Pacu Perusahaan Dan Jual Saham Sekunder Sebelum Orang-Oang Benar-Benar Menyadari Apa Yang Baru Saja Anda Pacu, Tetapi Di Tahun Lalu. Kita Masih Akan Melihat Banyak Penjualan Perdagangan Yang Diperoleh Dengan Susah Payah. KITA MASIH AKAN MELIHAT PENINGKATAN IPO YANG LAMBAT DAN APA YANG TIDAK AKAN KITA LIHAT DALAM BEBERAPA TAHUN KE DEPAN ADALAH LONJakan Saham-Saham Sekunder. Jadi, Orang-Orang Yang Membentuk Model Investasi Dan Konstruki Portofolio Mereka Berdasarkan Hal Tersebut Akan Mengalami Kebangkitan Yang Kasar. Dan oleh karena itu, Mungkin Ada Jawabanan untuk pertanaan awal anda di suatu tempat, tetapi saya kehilanan arah pemikiran saya.

(16:44) Jeremy AU:

Maksud Saya, Sebelumnya, Saya Suka Bungian Tentang Lubang Kelinci Di Pohon Kelinci, Bukan? Jadi Kita Berbicara Tentang IPO, Penjualan Perdagangan Dan Sekunder untuk Likuiditas. Shiyan, Apa Pendapat at Tentang Kelinci Pohon Dan Persembunyian Di Lubang Kelinci Ini?

(16:57) Shiyan Koh:

Maksud saya, pangunahing, Bukan? IPO Dan, Maksud Saya, Penjualan Perdagangan Adalah Pangunahing. IPO Adalah Fungsi Dari Kedalaman Pasar Modal, Yang Masih Dalam TAHAP Pengembangan Untuk Bursa Saham Lokal, Dan Pasar Sekunder Lebih Seperti Momentum, Bukan? Permintaan untuk itu bersifat Siklus dan kita berada di Bagian Bawah dari Siklus tersebut. Jadi Saya Pikir Hal Itu Akan Hilang. Namun saya pikir jika anda membangun sebuah perusahaan yang hebat, dan anda memiliki kesempatan untuk melantai di nasdaq, mengapa anda lebih memilih untuk melantai secara lokal, mengingat kurangnya kedalaman di pasar modal? Tapi apa yang diperlukan untuk benar-benar terdaftar di nasdaq? ANDA SEBENARNYA HARUS MEMBANGUN PERUSAHAAN YANG CUKUP BESAR UNTUK MELAKUKAN ITU. Dan Tidak Banyak Modal Yang Tersedia Di Pasar Untuk Membuat anda Bisa Mendorong Pertumbuhan Saat Ini. Jadi, Anda Harus Bekerja Keras, Bukan? Dan Itu Akan Memakan Waktu Cukup Lama.

Jadi, saya rasa saya akan setuju, Dennan ipo dmitry yang hanya sedikit dan jalur yang lebih mungkin diharapkan untuk seseorang adalah penjualan perdagangan, tetapi ata masih perlu membangun sesuatu ingin dibeli oleh seseorang. Jadi Kembali Ke Fundamental, Bukan? Kembali Ke Pangunahing.

(17:53) Dmitry Levit:

Dan tiba-tiba saya teringat ada pertanaan lain yang diajukan jeremy yang tidak saya bahas, yang juga tercakup dalam laporan tersebut, yaitu, berapa sebenarnya ukuran normal dari perusahaan yang dibangun dengan sangat baika di asia tengga? APA Yang dikatakan oleh angka-manga tersebut? Angka-ha tersebut menunjukkan bahwa hasil dari desil teratas adalah setengah milyar, Kurang lebih. Jadi, Jika Itu Adalah Hasil Terbaik, Dan Ya, Ada Pencilan Menuju Satu Miliar, Dan Sekali Lagi, Kita Berbicara Tentang Nilai Riil Dan Bukan Nilai Imajiner Yang Diperdrangkan. Jika itu adalah skala optimal pemenang di asia tenggara hingga saat ini, Maka tidak ada gunanya menggunakan bursa lokal karena tidak ada likuiditas yang cukup. Tidak Ada Gunoya Masuk Ke Bursa Global Karena Tidak Ada Yang Akan Memperhatikan anda. Analis investasi tidak akan mau repot-repot meliput saham tersebut. Jadi, Jual Beli Saham Dennan Cara Apa Pun?

(18:33) Shiyan Koh:

ANDA MASHANCURKAN, ANDA MASHANCURKAN HATI ADB, DMITRY.

(18:36) Dmitry Levit:

Saya rasa adb tidak perlu mendengarkan saya.

(18:38) Jeremy AU:

Baiklah, Kami Mulai Berbicara Tentang Apa Implikasinya Bagi Strategi Pendaanan VC. Jadi Kami Memulai Beberapa Bagiannya, Yaitu Fundamental, Disiplin Yang Menyiratkan Perhatian Terhadap Penilaian, Hak Kontrol, Menjadi Sangat Selektif, Itu Salah Satunya. Strategi lain Yang Telah Ada Di Luar Sana Adalah Strategi Indeks, Lebih Pada Basis Portofolio. Dan Kemudian Yang Lain Seperti Yang Disebutkan Mungkin Lebih, Saya Pikir Digambarkan Sebagai Lebih Banyak Momentum. Jadi Jelas Ingin Membangun Momentum, Mencairkan Dana Pada Saham Sekunder. Itu Adalah Pendekatan lain Yang Sudah Ada. Dan Tentu Saja, Ada Pembicaraan Antara Dana Kecil, Yang Memungkinkan Untuk Pre Seed Dan Seed. ANDA TAHU, ITU ADALAH DANA-DANA YANG LEBIH KECIL YANG MENARGETKAN, DAN MEMILIKI LEBI SEPERTI, SERI A, SERI B YANG LEBIH BANYAK, DAN MEMILIKI PERSYARATAN YANG LEBI TINGGI. Dan Mungkin Menargetkan Jalan Keluar Publik. Jadi, Mari Kita Bicarakan Tentang Apa Yang Kami Pikirkan Tentang Serangaian Strategi Yang Berhasil Berdasarkan Apa Yang Anda Katakan, Dmitry.

ANDA MENGELOLA SEBUAH DANA BERNAMA CENTO VC. Jadi, Anda Memiliki Sudut Pandang Tentang Arti Data Ini Dan Bagaimana anda Menyesuaikan Strategi Anda, Bukan? Jadi Mungkin Kita Bisa Membicarakannya Juga.

(19:34) Dmitry Levit:

Kembali Ke Komentar tentang adb dan saya yang membuat mereka patah hati. Apa Yang Harus Kita Tekankan, Dan Sebelum Kita Mulai Menggunakan Wawasan Dari Laporan Kami, Adalah Metodologi Yang Mendasari Pada Dasarnya Mengatakan Hal Berikut. Saya, Penulis Laporan Ini, Peduli Dennan Perusahaan-Perusahaan Yang DiBangun Berdasarkan Pendapatan Yang Berasal Dari Asia Tenggara. Ada Banyak Perusahaan-Perusahaan Hebat Di Seluruh Asia Tenggara Yang Berada Di Asia Tenggara Dan Melayani Dunia. Ada Juga Perusahaan-perusahaan Bagus yang Berada Di Tempat Lain, Melayani Dunia, Dan Kebetulan Didirikan Di Singapura. Jika Kita Menghilangkan Gembar-Gembor Dan Pr Serta Alur Cerita Tentang Perusahaan Bioteknologi Boston Yang Entah Bagaimana Menjadi Juara Di Asia Tenggara, Jika Anda Menghilangkan Semua Itu, Anda Akan Mendapatkan Laporan Kami. Jadi, Laporan Tersebut Mengabaikan Beberapa Percikan Menarik, Beberapa Pemotretan Menarik Tentang Asia Tenggara Yang Sedang Membangun Sesuatu Yang Cocok Untuk Seluruh Dunia. Itu memang disengaja. Pasti Ada Banyak Strategi di Sana. Saya hanya belum melihat ke dalamnya pa tingkat kedalaman ap run.

Dari apa yang kami lihat Dalam Hal Pendapatan Dan Daya Tarik Yang Berasal Dari Asia Tenggara, Tampaknya Akan Lebih Bijaksana Untuk Mengharapkan Pendapatan Sebesar $ 100 Juta Dengan Hasil Yang Sangat Baik. $ 250 JUTA UNTUK Hasil Yang Sangat Baik Dan Luar Biasa, Dan Setengah Miliar Lebih Dalam Skenario Setiap Setengah Dekade. Kemudian, Kita Harus Berharap Dan Mengharapkan Segala Sesuatunya Membaik Setiap Tahun. Jika anda melihat grafik hasil likuiditas, anda akan melihat bahwa hal-hal yang naik 25% setiap tahun adalah beBerapa gangguan untuk pandemi krisis, ap run ya anda miliki.

Jadi, Mungkin Ada Baiknya anda Menggeser Ekspektasi Ini Sedikit leBih Tinggi Seiring Berjalannya Waktu, Karena Dana Yang Dimulai Hari Ini, Akan Menuai Hasilnya 7 Hingga 10 TAHUN DARI SEKARANG. Dan kemudian anda menyusun kembali tumpukan valuasi anda dari kspektasi 3x lipat menjadi 2,5 Kali lipat, atau na naglalakad banyak 2,5 Kali lipat, setidaknya di antara dua tahap pendanaan yang berbeda, dan muncullah matematika yang sedaan SEBUT SEBAGAI LINTASAN MODAL (Capital Trajectory). Hal itu Harus Diupayakan Dan Kemudian Menyesuaikan Beberapa Hal Di Sana-Sini, Tergantung Pada Kecepatan Ekosistem Atau Kuitas Pendiri Atau Keadaan Pasar Yang Tidak Wajar, Misalnya Kedekatan Dengan Pemerintah Yang Baru Terpilih Dan Semacamnya. Jadi itulah inti dari bagaimana kami mengembangkan strategi kami. Dan Kemudian anda Bisa Menghiasinya Dennan Segala Macam Hal Yang Terkonsentrasi kumpara sa Menyebar. Berfokus Pada pedoman yang spesifik kumpara sa generalis. Negara yang spesifik kumpara sa rehiyonal, saya rasa tidak ada ya yang bisalahkan laporan dari asia partners. Mereka Memetakan Seluruh Papan Catur.

(21:40) Jeremy AU:

Oh, tentu saja. Mereka Pasti Memiliki Laporan Yang Bagus. Shiyan, Apa Pendapat Anda? Karena Anda Juga Memiliki Strategi Pendaanan, Dan Anda Juga Melihat Beberapa Geografi Juga, Anda Tahu, Dennan Mitra Anda Yang Lain. Jadi Bagaimana Pendapat anda Tentang Asia Tenggara Dalam Hal Strategi?

(21:53) Shiyan Koh:

Ya, Maksud saya, saya pikir untuk perusahaan-perusahaan seperti yang didefinisikan oleh dmitry yang memperole sebagian besar pendapatan mereka dari asia tenggara, saya pikir kesepakatan-kesepakatan itu lebih mirip dengan perusahaan Kecil, Ekuitas Swasta, Dan Anda Harus Menanggungnya. Dan Ada Banyak Pekerjaan Yang Harus Dilakukan Di Asia Tenggara, Banyak Infrastruktur Yang Harus DiBangun. Ada Banyak Hal Yang Tidak Optimal, Bukan? ANDA SEPERTI, KENAPA Saya TIDAK BISA MELAKUN INI DAN MENGISI NEGARA YANG KOSONG? Harus Ada Yang Melakukan Ini, Kan? Jadi Menurut Saya, Peluang-Peluang Itu Masih Ada. Saya rasa anda hanya perlu melihat dennan jernih tentang apa sebenarnya tam mereka. Dan Mungkin Sesekali, Anda Akan Mendapatkan Seseorang Yang Akan Data Dan Berkata, Hei, Saya Bisa Membangun Hal Yang Bersifat Multi Negara, Namun Sebenarnya Sangat Sulit.

Multi-Negara Adalah Masalah Yang Sulit. Dan Saya Pikir Orang-Orang Suka Berpikir, OH, Kami Hanya Akan Mengambil Hal Ini Dan Menyalin dan Menempelkannya Di Semua Tempat Dan Seperti, Tada, Sekarang Pasar Kami Seperti 600 Juta Orang. Dan Saya Rasa Seperti Yang Kita Semua Tahu, Hal Ini Tidak Semudah Itu. Dan Kemudian, Anda Kembali Lagi Ke, Oke, Di Pasar Inti Yang Saya Luncurkan, Seberapa Besar Sebenarnya Peluangnya? Dan Bagaimana Saya Bisa MengeKsekusi Hal Tersebut Secara Efisien? Karena, Saya tidak Bisa Menjual Cerita Tentang Tam Yang Lebih Besar Ini. Saya rasa akan Ada Beberapa Persentase Perusahaan Yang Akan Menyasar Pasar Global Di Luar Asia Tenggara, Tapi Saya Rasa Itu Akan Menjadi Minoritas. Sekali Lagi, Karena Itu Adalah Masalah Yang Sulit. Dan Harus Ada Alasan Mengapa anda Harus Ada Di Sini Dibandingkan Dengan Di India Atau Di Lembah, Di Mana Anda Mungkin Memiliki Konsentrasi Talenta Yang Lebih Tinggi Atau Semacam Rumah Inti Yang LeBih Besar, Pasar Domestik Yang Dapat Dituju. Tetapi saya pikir hal-hal tersebut dapat doolun dan kami kami akan memiliki beBerapa di Antaranya. Jadi Saya Pikir Dalam Hal Strategi Kami, Kami Bersikap Sesuai Dengan Prinsip-Prinsip Ini, Yaitu Jangan Terlalu Bersemangat Tentang Berbagai Hal. Terima apa yang dikatakan oleh para Pendiri Dennan Bijaksana. Dan Saya Rasa Kami Memiliki Keuntungan Denggan Melihat Modelong Bisnis Yang Sama Di Berbagai Pasar. Jadi Kita Bisa Mengatakan Seperti, oh ya, Saya Pernah Melihat Versi Perusahaan Ini Di Brasil Atau Argentina Atau Nigeria. Dan Saya Tahu Beberapa Jebakannya, Namun Saya Juga Mengenali Beberapa Peluang Atau Dinamika Yang Anda Manfaatkan. Dan, Anda Tahu, Saya Pikir Ini Masuk Akal, Tetapi Tidak, Saya Tidak Akan Membayar 20 Pos Pana Perusahaan Yang Sudah Memiliki Pendapatan Di Sini, Jadi Saya Pikir Seperti Itulah Cara Kami Beroperasi Dengan Fakta-Fakta Di LaPangan.

(23:47) Jeremy AU:

Yah, saya selalu menyukai slide itu di dek powerpoint, Bukan? Di mana putaran berikutnya akan menambahkan banyak bendera di seluruh asia tenggara. Ini Adalah Ekspansi Pasar. Dan Saya Suka Frasa Yang Ada Katakan Tentang Ekuitas Swasta Berkapitalisi Kecil Karena Saya Rasa Itu Adalah Sesuatu Yang Sering Saya Terlihat Lebih Menggunakan Teknologi. Mereka Mungkin Menargetkan Sesuatu Yang Sedikit Lebih Lokal. APA Pendapat anda Mengenai Pembingkaian Ekuitas Swasta Berkapitalisi Kecil, Dmitry?

(24:12) Dmitry Levit:

Yang Kami Lihat Adalah Ekuitas Swasta, Dan Ini Adalah Perusahaan-Perusahaan Berkapitalisi Kecil, Jadi Saya Tidak Menemukan Ada Yang Salah Dennan Kerangka Kerja Ini, Tetapi Memang Ada Beberapa Konotasi Yang Muncul, Seperti Yang Baru Saja ata at Sebutkan, Yang Tiba-Tiba Kita Berbicara Tentang Teknologi Yang Berdekatan Atau Teknologi Yang Diaktifkan. Tidak, tidak selalu berarti bahwa anda mungkin masih perlu menyelesaikan beeberapa masalah dan katakanlah sistem keuangan dan katakanlah thailand membutuhkan tingkat teknologi yanggup tinggi untuk menyelessaikannya Hadapi Begitu Rumit Dan Mapan Serta Mengakar Dennan Banyak Pemangku Kepentingan, Ini Dan Itu. Jadi, Ekuitas Swasta Berkapitalisi Kecil Tampaknya Memiliki Konotasi Bahwa Mereka Sebenarnya Bukan Perusahaan Teknologi. Mereka Adalah pedaga neraca dennan iot atau, saya tidak tahu, kedai kopi dennan aplikasi. Tidak Demikian. Itu Adalah Konotasi Yang Salah, Tapi Sebaliknya Saya Senang Dengan Framing Tersebut. Tentu Saja. Itu Jujur Dan Langsung Saja, Kapitalisi Kecil, Ekuitas Swasta Tanpa Leverage. Bagaimana Dengan itu?

(24:59) Jeremy AU:

Ooh. Apa Yang Terjadi,

(25:00) Shiyan Koh:

Ya, ya, ya. Ya, anda tidak Bisa Menaruh Utang Pada bisnis-bisnis ini, Bukan? Itu Adalah Alat Yang Normal Ketika Kita Mengatakan Ekuitas Swasta, Bukan? Kami Memiliki Beberapa Bisnis Arus Kas. Kami Mengisinya, Memutar Roda. Jadi ya, Saya Setuju Dennan Klarifikasi Yang DiTawarkan Dmitry.

(25:14) Dmitry Levit:

Bagaimanapun, Ini Terdengar Lebih Baik Daripada Opsi Put Yang Jauh Dari Uang. Jadi,

(25:17) Jeremy AU:

Jadi, Satu Hal Menarik Yang Juga anda Sebutkan Adalah, Anda Mulai Berbicara Tentang Geografi Yang Berbeda. Jadi Anda Berbicara Tentang Singapura Dan Kemudian anda Berbicara Tentang, Misalnya, Bangkok Dan Vietnam, Pesta Itu Berlangsung Cukup Lama. Namun Dalam Laporan Tersebut, Anda Juga Berbicara Tentang Pencarian Indonesia Berikutnya Sudah Berakhir. Jadi, Apa Yang Dimaksud Dengan Indonesia Berikutnya, Saya Kira, Pada Satu Sisi? Dan Tentu Saja, Bagaimana Kita Melihat Seluruh Wilayah Juga, Dalam Hal Vietnam, Filipina, Malaysia Juga.

(25:40) Dmitry Levit:

Laporan Tersebut Tidak Berani Mengatakan Bahwa Pencarian Indonesia Berikutnya Sudah Berakhir. Saya Pikir Kami Mengatakannya Dalam Masa Jeda Karena Seluruh Kegiatan Ini Mengalami Kebingungan Sementara. Yang Saya Maksud Adalah Pencariannya, Bukan Indonesia. Mungkin Ada Baiknya Kita Membongkar Terlebih Dahulu Mengapa Kita Peduli Untuk Mencari Tahu Narasi Mana Yang Benar, Karena Seperti Yang Bisa Anda Lihat Dari Keseluhan Daripada Persepsi, Tetapi Persepsi Bisa Menjadi Nyata, Seperti Jika Arab Saudi Memberikan Cukup Uang Kepada Investor Jepang Yang Bersemangat, Beberapa Tahun Kemudian, Anda Akan Mendapatkan Banyak Robot Merica Yang Tidak Perlu Dan Memenuhi Lobi-Lobi Hotel Tidak Ada Yang Menginginkannya Di Sana. Namun, Itulah Persepsi tentang Masa DePan Yang Menjadi Kenyataan. Jadi, penting untuk melacaknya. Dan Baik Atau Buruknya, Narasi Di Asia Tenggara Selama Beberapa Tahun Terakhir, Mungkin Sebelum Dan Selama Covid, Adalah Indonesia, Indonesia, Indonesia. Apakah itu sudah dimainkan? Oke. 40, 60, 80 Juta Sebelum Seri B, Mungkin Sedikit Terlalu Banyak. 120, Mungkin Terlalu Banyak. Oke. Mungkin Indonesia Sudah Dimainkan. Saya tidak mengatakan itu kebenaran. Saya tidak mengatakan bahwa itu adalah Pandangan Mayoritas. Ini Adalah Sebuah Narasi. Dan Itu Kemudian Mulai Merembes Ke, Oke, Jadi Apa Selanjutnya Indonesia Tanpa Harus Mempertanyakan apakah Harus Ada.

Dan Ada Teori Tentang Vietnam Yang Memiliki Populasi Muda Yang Merupakan Penguasa Teknokratis Dan Kemampuan Untuk Menjadi Pusat Manufaktur Dunia, Satu Narasi Yang Muncul Setiap 10 Tahun Sekali. Dan Ada Narasi Lain Tentang Populasi Muda Filipina, Struktur Ekonomi Yang Serupa, Model Bisnis Yang Serupa, Berlaku, Kota Besar Di Tengah, Banyak Jaringi Ritel Yang Belum Berkembang. Mari Kita Tiru apa Yang Berhasil Quote Unquote Di Indonesia. Dan Ini Adalah permainan peta favorit dari ekosistem ini, membuat narasi-narasi tersebut dan kemudian menghancurkannya dan mengumpulkannya, membangun narasi baru. Menurut saya, mereka memiliki pengguna karena mereka membangun kekompakan di antara para mamumuhunan, Bukan? Jika Ada Narasi yang Jelas Tentang Apa Itu Malaysia, Katakanlah Sebuah Negara Layang Yang Tidak Dikunjungi oleh Investor Global, Maka Itu Adalah Negara Yang Langka Modal. Dan Jika Ada Narasi Tentang Vietnam, Yang Baru Saja Saya Ceritakan, Maka Ekosistem Akan Mengatur Dirinya Sendiri, Bukan? Para Pemburu Unicorn di Tohono Dan Saigon, Sementara Orang-Oang Di Kl Berinvestasi Dengan Valuasi Yang Masuk Akal Dan Saling Mengutip Warren Buffett. Jadi Ada Dua Pertemuan Pikiran Dan Ekosistem Bekerja.

(27:44) Dmitry Levit:

Ketika Narasi Mulai Rusak, Ketika Orang Mulai Bertanya Seperti Mengapa Malaysia Dan Vietnam Memiliki Persepsi Yang Berbeda, Pdb Mereka Identik Dan Tingkat Pertumbuhan Mereka Tidak Jauh Berbeda. Dan Salah Satunya Memiliki Populasi Yang Lebih Rendah. Tentu saja, tapi Bukankah itu berarti setiap konsumen memiliki lebih banyak uang? Ketika Orang Mulai Mengajukan Pertanaan Berbahaya Seperti Itu, Kohesi Dalam Ekosistem Akan Runtuh Dan Sindikat Investor Bersama Yang Biasa Bekerja Sama Akan Berantakan. Dan Sekarang Jauh Lebih Sulit Untuk Membangun Konsorsium Dan Benar-Benar Menemukan Burung-Burung Yang Cocok Di Berbagai Bagian Wilayah. Jadi itulah mengapa hal ini penting. Namun, Bagaimana Dennan Indonesia Selanjutnya? Entahlah. Saya Hanya Tahu Satu Kebenaran, Yaitu Filipina Adalah Cina Berikutnya Karena Ini Adalah Sifat Transitif. ANDA BISA MELIHAT FILIPINA ADALAH INDONESIA BERIKUTNYA. Indonesia Adalah India Berikutnya. Dan India Adalah Cina Berikutnya. Jadi Jelas, Seseorang Harus Membuat Laporan Tentang Hal Itu.

(28:27) Jeremy AU:

Oh boy. Saya Suka Dennan Properti Transitif Di Sana. Yang Menarik Adalah Bahwa Sebelumnya Kita Telah Membahas Bahwa Anda Berpikir Bahwa Tema Utama Dari Sudut Pandang Anda Adalah Reaksi Berlebihan, Dislokasi, Dan Kebingungan. Dapatkah anda berbagi sedikit lebih banyak tentang ditoimana anda berpikir tentang ketiga tema tersebut?

(28:44) Dmitry Levit:

Itu Adalah Perkiraan Saya, Karena Saya Belum Menghitung Angka-Anta untuk Paruh Kedua Tahun Lalu. Dan saya tidak begitu memahami apa yang terjadi pa kenyataannya, jadi saya membuat rangguman kualitatif. Sedikit Kebingungan Adalah Yang Baru Saja Kita Bicarakan. Tidak Ada Kejelasan tentang apa itu Konsensus. APAKAH KONSENSUS KITA ADALAH BAHWA SINGAPURA ADALAH PUSAT TEKNOLOGI YANG MEMBERI TEKNOLOGI MUTAKHIR YANG LUAR BIASA KEPADA DUNIA? Apakah narasi kita bahwa vietnam akan mengambil alih tiongkok sebagai pusat manufaktur dunia? Apakah narasi kita bahwa indonesia adalah pasar konsumen yang besar? Tidak Jelas. Semuanya Dipertanyakan. Jadi itulah yang saya Maksud Dengan Kebingungan, Bahwa Tidak akan Ada 80% Konsentrasi Modal Dalam Satu Tema Yang Disetujui Semua Orang. Meskipun para pedaga Komoditas, Pembeli Ikan, Dan Penjual Kopi Tampaknya Semakin Dekat Dengan Hal Itu, Tetapi Itu Juga Akan Berlalu.

Satu lagi reaksi berlebihan yang lebih merupakan reaksi vc di dalam bisbol, seperti yang telah Kalian lihat, sebenarnya, saya telah berada di pasar dan berbicara dengan orang-urang yang telah saya awasi selama bertahun-tahun hya untuk melihat DALAM MODE EKSPANSI, APAKAH MEREKA AKAN DATANG. Dan Melakukan Banyak Percakapan Yang Sangat Menarik Dengan Orang-Oang Yang Melakukan Pertumbuhan Portofolio Atau Nilai Portofolio Di Bagian Layanan Portofolio Atau Operasi Portofolio, Apa Pun Sebutannya. Mereka kebanyakan berada di beberapa perusahaan besar, terutama menjadi Bagian dari semacam anak tiri berambut merah, buukan pembuat kesepakatan, tidak, tidak ada kemuliaan dalam menutup kesepakatan besar di ana. Hanya Saja, Anda Tahu, Menjaga Tabel Tutup Buku Dennan Benar Dan Menyimpan Dokumen Di Tempat Yang Seharusnya Dan Melakukan Pengembangan Bisnis. Dan Tiba-Tiba Orang-Oang Ini Menjadi Pusat Perhatian Dan Bertanya, Di Mana Dpi-nya? Bukankah Anda Orang Yang Seharusnya Menjual Segalanya? Pergilah Ke Indonesia Dan Jual Barang-Barang Sekunder Ke Kantor-Kantor Keluarga Lokal Yang Kecil. Atau Yang Lainnya. Itu Terlalu Berlebihan, Bukan? Itulah yang shiyan bicarakan dalam beberapa episode yang lalu ketika shiyan, aga mengatakan sesuatu seperti dulu ada terlalu banyak waktu yang diberikan kepada perusahaan untuk membuktikan apa yang mereka bangun, dan sekalang tidak Diberikan Kepada Mereka Sama Sekali. Jadi Hal Yang Sama Tampaknya Terjadi Di Beberapa Perusahaan Modal Ventura. Dulu Tidak Ada Pertanaan Tentang Strategi Exit, Sekarang Exit Harus Terjadi Kemarin. Atau Bos Tidak Bisa Menceritakan Kisah Yang Bagus Ketika Mereka Pergi Ke Konferensi Di Washington DC. Jadi itu Adalah reaksi yang Berlebihan. Jadi itu berarti sumber daya sedang direalogasi, orang-orang kelelahan dan pergi secara tiba-tiba untuk mengimbangi kegembiraan sebelumnya, entah bagaimana orang-orang seri c meminta 5 juta pra. Jadi hal itu akan berlalu, namun untuk saat ini, hal tersebut cukup akut dan tidak menyenangkan dan juga cukup lucu.

(30:54) Jeremy AU:

Shiyan, Apa Pendapat Anda? Apakah anda melihat adanya reaksi berlebihan di pasar? Shiyan, apa reaksi anda terhadap tema dmitry tentang reaksi berlebihan, dislokasi, dan kebingungan?

(31:02) Shiyan KOH:

Saya Rasa Dalam Beberapa HAL, INI SEPERTI SIKLUS 10 TAHUN PERTAMA KAMI, BUKAN? Saya pikir, apakah pa tahun 2014 nrf menyuntikkan sejumlah dana awal di singapura? Maksud Saya, Dmitry Sedikit lebih Awal Dennan Tahun 2011, Bukan? Tapi Menurut Saya, Masa Hidup Pendaanan Adalah 10 Tahun, Dan Jika Anda Berpikir Ada Banyak Orang Yang Muncul Di Atas Panggung Pada Tahun 2014, Kita Berada Dalam Siklus 10 Tahun Itu Sekarang. Jadi, Seperti Halnya Orang-Orang Yang Hanya Hidup Di Lingkungan Suku Bunga Nol Berpikir Bahwa Itu Adalah Keadaan Alamiah Dunia Dan Kemudian Terk Tentang apa yang sedang terjadi. Jadi Saya Pikir Dalam Dekade Berikutnya, Ketika Orang-Oang Kembali Dan Menjalani Siklus Bisnis Berikutnya, Mudah-Mudahan Akan Ada Reaksi Yang Tidak Terlalu Berlebihan. Tentu Saja anda Akan Memiliki Pemain-Pemain Baru Yang Akan Bereaksi Berlebihan Dalam Siklus Semacam Itu. Namun, Menurut Saya Ini Adalah Bagian Dari Pendewasaan Ekosistem, Untuk Belajar Kapan Dan Kapan Tidak Panik. Jadi, Saya Pikir Ini Mungkin Adalah titik Kelucuan Dmitry, Bukan? Jika Kita Semua Berhenti Dan Memikirkannya, Kita Akan Berkata, Oh Ya, Itu Tidak Masuk Akal. Kami Adalah Pemodal Ventura. Kami Benar-Benar Perlu Berinvestasi Pada Hal-Hal Yang Mengambil Risiko Dan Membutuhkan Waktu Untuk Berkembang. Tidak Masuk Akal Untuk Mengatakan, Hei, Kita Semua Harus Panik Sekarang, Tetapi Saya Pikir Ini Adalah Bagian Dari Proses Pertumbuhan Yang Alami.

(32:16) Dmitry Levit:

Saya Sangat Setuju, Selain Mengukur Sejarah Asia Tenggara Dari Masa-masa Beberapa Dana Yang Diunggulkan Di Singapura. Saya Rasa Banyak Sekali titik Kelahiran yang Telah Terjadi Di Sana.

(32:24) Shiyan Koh:

Mana Yang Akan anda Pilih?

(32:26) Dmitry Levit:

Mari Kita Bicara Tentang Igem, IMHF 2010.

(32:28) Jeremy AU:

Ketika Dmitry Mendirikan Cento, Itulah titik Kelahirannya,

(32:31) Dmitry Levit:

Tentu Saja, Itu Adalah sebelum cento dan sesudah cento. Tentu. Uh, ya.

(32:36) Jeremy AU:

Abc, ini dia.

(32:38) Dmitry Levit:

Tentu Saja. Tidak, saya menggapnya sebagai tahun 2010 karena, pertama-tama, itu adalah tahun pertama ketika orang-orang sudah cukup pulih dari tahun 2008 dalam ekosistem global sehingga bisa menemukan asia tenggara di peta.

Kedua, Itu Adalah Gelombang Pertama Dari Orang-Oang Yang Keluar Dari Singapura Dan Masuk Ke Cina. Mereka Kembali Ke bilang Untuk Kembali Dan Memulai Sesuatu Karena Sampai Saat Itu, Singapura Tidak Memiliki Aktivitas Selain Dari Beberapa Orang Yang Sangat, Sangat Keras Yang Telah Berada Di Sana Sejak Akhir Tahun Sembilan Puluhan.

Dan Ada Dinamika Ketiga, Yaitu Ada Perubahan Di Nrf Dan Pemerintah Singapura Mulai Memproduksi Block 71, Igem, Imatch, Ida, MDA, Dan Saya Tidak Mengalami Gangguan. Saya bersumpah bahwa semua itu adalah singkatan pa saat itu. Jadi itu Adalah Lonjakan Pertama. Ditambah Lagi, Jangan Lupakan Kedatangan Roket Beberapa Tahun Kemudian. Dan Kemudian, YA, Tentu Saja, Gelombang Konstitusional Pada Tahun 2014 Dan Kemudian Beberapa Investor Besar Dari Asia Utara Yang Menemukan Jakarta Di Peta Dan Berkata, Betapa Bagusnya Platform E-Commerce Yang Anda Miliki Di Sini. Bagaimana Kalau Alih-Alih 10 Juta, Saya Beri anda Seratus Dan Sisanya Adalah Sejarah.

Dan Itu, Omong-Omong, Menghasilkan Lonjakan Pembentukan Dana Baru SeKitar Tahun 2017, 18. Jadi, Orang-Orang Dengan Jumlah Modal Terbesar Yang Dikerahkan Secara Lokal, Ingatan Mereka Tentang Pasar Sekunder Di Tahun 17. Dan Ingatan Otot Adalah Tentang Peningkatan Terhadap 600 Juta Popula Yang Kuat Yang Entah Bagaimana Tumbuh Secara Luar Biasa Di Baja Yang Memiliki Kelas Menengah Di Dalamnya, Menurut Bank Dunia. Jadi, Orang-orang itu Hanya Akan Melihat Perhitungan Mereka Pada Tahun 2027. Sekarang Adalah Kegelisahan Pertama.

(34:04) Shiyan Koh:

Ya.

(34:04) Jeremy AU:

Jadi, Anda Tahu, Mulai Dari Sini, Melihat Ke Tahun 2024, Apa Saja Pemikirannya? Karena, Anda Tahu, Dmitry, Anda Akan Membuat Laporan Itu Setiap Setengah Tahun, Yang Selalu Saya Gunakan Cukup Sering, Seperti Tangkapan Lay, Mencantumkan Sumber, Dan Memasukkannya Ke Dalag Slide. Laporan Yang Sangat Bagus, Tapi Melihat Ke DePan Satu Tahun Ke DePan, Menurut Anda, Apa Kata Kunci Atau Tema Utama Yang Anda Pikirkan? Dan Saya Juga Menyukai Frasa Tadi Yang Menggunakan Kata VC Insider Baseball.

(34:29) Dmitry Levit:

Menurut Saya, Mungkin Reaksi Yang Berlebihan Sudah Hampir Berakhir. Jika Kita Membicarakan Hal Ini Secara Terbuka Di Podcast Publik, Itu Berarti Sudah Dipahami Dennan Baik. Jadi Dennan Sendirinya Orang-Orang Akan Mulai Bertanya Pada Diri Mereka Sendiri. Mengapa saya tidak berinvestasi ketika saya seharusnya berinvestasi di Bagian Bawah? Menurut Saya, Kebingungan sedang Terjadi Dengan Cepat, Saya Tidak Yakin Seberapa Cepat Hal Ini Akan Terselesaikan, Tapi Mari Kita Lihat Saja.

Akan Ada Banyak Cara Baru Untuk Memikirkan Berbagai Hal Dan Praktik Tmt Di Goldman Akan Menghasilkan Cerita Baru Yang Harus Diinvestasikan Oleh Semua Orang Dan Semuanya Akan Kebali Ke Jalurnya. Itu Semua Bagus. Saya rasa hal besar berikutnya adalah dislokasi, yang belum banyak DiBicarakan karena vc bereaksi berlebihan dengan cepat, perusahaan bereaksi berlebihan Dennan lambat, tetapi mereka tetap bereaksi berlebihan. Jadi Akan Ada Perubahan Strategi, Penarikan Dari Pasar Sekunder, Pemisahan Anak Perusahaan Yang Tidak Perlu, Dan Oleh Karena Itu Akan Ada Perubahan Arah Perusahaan-Perusahaan Besar, Cara-Cara Rendah, Dan Juga Banyak Peluang Untuk Mendapatkan Banyak Pisau Yang Jatuh Dan Sangat Menderita. Jadi, Menurut Saya, Itulah Tema Tahun 2024 Bagi Saya.

(35:28) Jeremy AU:

Bagaimana Dennan Anda, Shiyan?

(35:29) Dmitry Levit:

Menundukkan benda Tajam yang Jatuh.

(35:30) Jeremy AU:

Bagaimana Dennan Anda, Shiyan, Apa Tema anda untuk Tahun 2024?

(35:32) Shiyan Koh:

Saya, Saya Membosankan, Bukan? Saya Hanya Seperti, pangunahing, pangunahing, pangunahing. ANDA MEMULAI SEBUAH PERUSAHAAN UNTUK MASHASILKAN UANG, BUKAN UNTUK MENGUMPULKAN UANG. ANDA TAHU, JADI APA YANG ANDA LAKUKAN UNTUK MASHASILKAN UANG? Siapa yang membayar ata untuk apa? Bisakah anda Mendapatkannya Dennan Biaya Yang Efektif? Ya, saya rasa hal tersebut tidak perlu berubah dari tahun ke tahun, Bukan? Seperti, Menurut saya fokuslah pa Peliban, Fokuslah Pada apa yang Anda Berikan, tapi saya adalah mamumuhunan Tahap Awal, Bukan? Jadi, Itulah Yang Sangat Saya Perhatikan.

(35:54) Jeremy AU:

Jika Saya Adalah Seorang Pendiri, Misalnya, Yang Mendengarkan Podcast Ini, Bagaimana Saya Harus Berpikir Untuk Bermanuver Atau Mengambil Kesimpulan Dari Percakapan Ini?

(36:03) Shiyan Koh:

Saya Sering Mengatakan Kepada para Pendiri, Apa Yang Akan Anda Lakukan Jika Investor Tidak Ada? Seperti, Jika Kita Berpura-Pura Bahwa Semua Orang Ini Tidak Ada, Apa Yang Akan Anda Lakukan? APAKAH BISNIS ANDA BENAR-BENAR Mustihil Tanpa Investor? ANDA HARUS MEMBUAT SEBUAH ROKET. Oke, Anda Mungkin Tidak Bisa Melakukan Bootstrap Seperti Meluncurkan Roket. Itu seperti satu kategori, tapi saya pikir untuk banyak hal di asia tenggara, Bukan itu yang sebenarnya doolun oleh orang-orang. Jadi, Berapa Jumlah Modal Minimum Yang Dapat anda Lakukan untuk Memvalidasi Hipotesis andA Berikutnya Dan Apa rencana andA untuk Mencapainya? Lalu berapa jumlah modal minimum untuk mencapai hipotesis 2, hipotesis 3, dan hipotesis 4? Pikirkan Berapa Banyak Modal Yang DiButuhkan. Jangan Berpikir Tentang Apa Yang VC Inginkan. VC Mengenokan Hasil Yang Besar, Dan Sebagainya. TAPI PIKIRKAN TENTANG ANDA. ANDA ADALAH BIAYA PELUANG. Andalah Yang Hidup Dan Waktunya Bihabiskan Untuk Hal Ini. BUKAN VC. VC Memiliki Portofolio 20, 30 Perusahaan Yang Mereka Tangani. Jadi Bagi anda, apakah itu Sepadan? APAKAH ANDA SUDAH MEMVALIDASI CUKUP BANAKE HAL SEHINGGA ANDA HARUS MASHABISKAN HIDUP DAN WAKTU ANDA UNTUK HAL INI? Kemudian jawablah pertanyaan tentang, oke, berapa modal yang dibutuhkan untuk melakukannya? Dapatkah saya menemukannya? Dan Saya Rasa Jika andA Telah Memutuskan Bahwa Hal Ini Sepadan Dennan Waktu Anda, Maka Akan Ada Pasarnya. Saya pikir anda mungkin bisa menemukan modal untuk melakukannya.

Apakah akan selalu menjadi modal ventura? Mungkin, Mungkin Tidak. Mungkin itu Adalah uang malaikat. Mungkin itu adalah hibah yang akan membantu ata memulai, tetapi saya merasa orang-orang mengubah diri mereka sendiri ke dalam semua hal yang tidak wajar ini karena apa yang mereka baya bisnis yang nyata di sini? Saya rasa itulah pertanyaan yang harus dijawab oleh para pendiri untuk diri mereka sendiri.

(37:18) Jeremy AU:

Bagaimana Dennan Anda, Dmitry?

(37:18) Dmitry Levit:

Kerangga Kerja Shiyan Terlalu Memikat, Jadi Saya Akan Mematuhinya. Menurut Saya, Jika anda Adalah Pendiri Yang Membangun Perusahaan Untuk Benar-Benar Menghasilkan Uang, Ada Beberapa Hal Kecil Yang Perlu anda Khawatirkan, Tetapi Tidak Terlalu Banyak. Saya Akan Menjelaskannya Sebentar Lagi. Jika Anda Adalah Pendiri Yang Membangun Perusahaan Untuk Mengumpulkan Uang, Dan Jika anda Telah Melakukan Itu Dalam Tiga Tahun Terakhir, Khawatirlah.

(37:34) Jeremy AU:

Ya.

(37:35) Dmitry Levit:

Untuk Kelompok Pertama, Ada Dua Hal Yang Mungkin Perlu Kita Perhatikan Dalam Lingkungan Saat Ini Berdasarkan Laporan Ini. Pertama, Anda perlu membatasi jumlah waktu yang ata habiskan untuk mendengarkan vc anda. Mereka Mungkin Benar-Benar Berlarian Dennan Rambut Terbakar Karena Semua Kebingungan Internal Dalam Industri Ini. Itu akan Berlalu. Namun Untuk Saat Ini, Mereka Akan Memberikan Masukan Yang Aneh-Aneh Dan Mereka Akan Berbicara Tentang Segera Menjual Perusahaan. Cobalah untuk tidak Memasukkannya Ke Dalam Hati. Mereka Akan Menyelesaikannya. Yang Lebih Aktif Akan Dipecat Dan Semuanya Akan Baik-Baik Saja Lagi.

Dan Hal Kedua Adalah Jika anda Bisa Tetap Berada Di Luar Pasar Saat Baigian Koreksi Yang Tajam Ini Terjadi. Ini mungkin akan berlangsung selama setengah tahun dan mungkin beeberapa kuartal ke depan akan lebih baik jika anda berada di pasar, berhati-hatilah, tetapi itu adalah rekomendasi yang biasa, tidak menambahkan banyak hal di sini. Jadi Shiyan, Kerangga Kerja Yang Bagus. Saya Akan Mengikuti.

(38:19) Jeremy AU:

Terima Kasih Banyak. Baiklah, Sampai Jumpa Di Lain Waktu Dan Mungkin Saat Laporan Cento Berikutnya Keluar.

(38:23) Dmitry Levit:

Kalau Begitu, Saya Akan Meningkatkan Frekuensinya. Bersulang Banyak. Terima Kasih Banyak Telah Menerimaku.

(38:27) Shiyan Koh:

Terima Kasih, Dmitry.

TAUNAN TERKAIT:

https://www.cente.vc/wp-content/uploads/2023/12/centa_se-asia-tech-investment_2023_h1.pdf

Nakaraan
Nakaraan

Krisis Paruh Baya: Menavigasi Perubahan Dennan Anggun Melintasi Karier, Keluarga & Identitas Untuk Mencapai Aktualisi Diri - 385

Susunod
Susunod

Sao Lonsdale: Perjalanan "Isda Sa Tubig", Konsumen Gen Z Vietnam & Pendiri Lixibox - E387